Buaya Muara Buyarkan Aksi Bersih-bersih Kali Wrati

2278
Warga bergegas keluar dari badan sungai usai mendapati seekor buaya. Foto: istimewa.

Beji (WartaBromo.com) – Kehebohan terjadi di tengah aksi bersih sungai di Kali Wrati, Desa Kedungboto, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Selasa (25/10/2022) siang. Itu terjadi setelah warga mendapati seekor buaya di sungai sepanjang 17 kilometer itu.

Tak pelak, peristiwa itu membuat warga yang ikut membersihkan sungai panik. Tak ingin menjadi sasaran empuk, mereka bergegas keluar dari badan sungai.

Warga setempat, Solikin menuturkan, kegiatan bersih-bersih itu merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan yang dimulai Minggu (23/10/2022) lalu. Pada hari ketiga ini, ia dan lima warga lainnya  masuk ke badan sungai untuk membersihkan enceng gondok yang menenuhi Kali Wrati. 

Saat pembersihan menuju ke barat, tepatnya sekitar 50 meter dari DAM Kedungboto, Solikin merasa ditabrak benda keras. Ketika dipegang dan hendak diangkat, ternyata ekor buaya.

Baca Juga :   Diduga Tercemar, Air Sungai di Bangil Ini Menghitam dan Berbau

Spontan, Solikin pun berteriak dan meminta semua teman-temannya mentas dari sungai. “Habis terpegang, buaya itu menyusup ke gerumubulan eceng gondok,” katanya.

Sementara itu Ketua Forum DAS Wrati, Henry Sulfianto mengungkapkan, akibat kejadian tersebut, kegiatan bersih-bersih Sungai Wrati akan diubah dengan menggunakan tali tampar.

Di lain pihak, perangkat desa setempat, Sodikin menyebut, bahwa di sekitar DAM tersebut, sejumlah warga sering mengaku melihat buaya.

“Bahkan tahun lalu ada yang mengaku melihat buaya naik tanggul sungai,” kata Sodikin. Dugaannya, satwa tersebut merupakan buaya muara yang memang banyak dijumpai di wilayah setempat. (tof/asd)