Waspada! Ini Ciri-ciri Ginjal Rusak yang Sering Dianggap Sepele

400

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ginjal merupakan salah satu organ manusia yang paling vital. Bila ginjal mengalami kerusakan, maka sistem percernaan dan organ lain pasti terganggu.

Ciri-ciri ginjal rusak pun sangat penting diketahui oleh siapa saja. Pasalnya, bisa meminimalisir kematian akibat ginjal rusak atau sering disebut gagal ginjal.

Dilansir dari halodoc.com, inilah ciri-ciri ginjal rusak:

1. Kulit Gatal

Ginjal yang rusak akan menunjukkan ciri umum berupa kulit terasa gatal. Hal ini disebabkan karena ginjal tak lagi mampu membuang racun dari dalam tubuh.

Rasa gatal ini muncul di sekujur tubuh. Pada kasus awal, gatalnya akan sangat terasa bila penderita kurang mengkonsumsi air putih.

Baca Juga :   Percepat Capaian Vaksin, Polbindes di Kota Probolinggo Maksimalkan Komunitas

2. Sesak Napas

Kerusakan membuat ginjal tak bisa menghasilkan hormon eritropoietin. Hormon ini memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Tanpa hormon tersebut, penderita bisa terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan yang membuat kesulitan dalam mengatur napas.

3. Bau Mulut

Sudah sering membersihkan mulut tapi bau mulut menyengat? Segera waspadai karena ini merupakan salah satu ciri ginjal rusak.

Limbah yang tak tersaring maksimal memicu kondisi yang disebut uremia. Kondisi ini bisa menyebabkan bau mulut. (trj)