Ada Temuan Candi, Wakil Ketua DPRD Turun ke Lokasi

296
Wakil Ketua DPRD Andri Wahyudi (duduk) menunjukkan batu candi yang berhasil diekskavasi oleh warga. Foto. A. Romadoni

Prigen (WartaBromo.com) – Peninggalan situs candi kuno telah ditemukan warga di sebuah pemakaman di Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Penemuan candi tersebut juga menjadi sorotan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan.

Andri Wahyudi, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Pasuruan juga sempat mendatangi temuan candi tersebut. Ia mengatakan jika candi peninggalan leluhur itu harus dijaga bersama – sama.

“Ini kan peninggalan leluhur kita. Kita kan enggak tahu apakah hanya di sini saja,” kata Andri, Selasa (1/11/2022).

Ia juga mengajak Pemerintahan desa ikut bersama-sama menjaga situs peninggalan leluhur itu. Pihaknya juga sudah melaporkan ke BPCP agar segera dilakukan ekskavasi di tempat ini.

“Cuman hari ini kan masyarakat penasarannya, penasaran tinggi, takutnya nanti masyarakat akan gali sendiri. Kami terima kasih dan minta tolong kepada Polsek maupun masyarakat agar ini benar-benar saya koordinasikan untuk menjaga tempat ini,” tandasnya.

Baca Juga :   Warga Temukan 3 Arca di Pemakaman Sukoreno

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan menemukan sebuah komplek candi di pemakaman desa pada Minggu (30/10/2022) lalu. Dalam penemuan itu, warga juga menemukan beberapa patung atau arca.

Warga juga masih menunggu konfirmasi dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan BPCB Jatim untuk melanjutkan ekskavasi di tempat penemuan situs candi tersebut. (don/yog)