Waspada! Ini 5 Bahan Kimia Berbahaya dalam Lipstik yang Bisa Picu Kanker

91

Pasuruan (WartaBromo.com) – Meningkatnya pembelian lipstik dari tahun ke tahun membuat produsen make up berburu mengeluarkan banyak warna. Beda produk, beda warna tentu beda pula kandungan di setiap lipstik.

Mengetahui ini, para wanita yang gemar mengkoleksi warna lipstik seharusnya tahu detail kandungan yang ada dalam make upnya. Pasalnya, banyak lipstik yang mengandung senyawa berbahaya.

Beli lipstik yang aman di sini.

Apalagi dilansir dari berbagai sehatq.com, menurut beberapa peneliti, pewarna bibir dengan warna cerah mengandung bahan kimia. Bahan tersebut berisiko menyebabkan gangguan kesehatan serius.

Nah, agar tak terjebak dengan produk lipstik yang mengandung bahan berbahaya, berikut 5 bahan kimia pada make up yang harus dihindari:

  • Methylparaben. Zat ini sering dipakai sebagai bahan pengawet pada lipstik. Dampak buruk dari bahan ini adalah memicu kanker dan merusak sistem endokrin.
  • Propylparaben. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Tak berbeda dengan methylparaben, propylparaben juga memicu kanker.
  • Retinyl palmitate. Meski berbentuk vitamin A pada lipstik, bahan ini berbahaya untuk wanita hamil. Menurut database Cosmetic, retinyl palmitate bisa menyebabkan penggunanya terkena gangguan reproduksi.
  • Tocopheryl acetate. Vitamin E asetat ini sering ditemukan di berbagai make up, termasuk lipstik. Zat ini berbahaya dan menyebabkan iritasi kulit, rasa terbakar hingga muncul milia pada kulit.
  • Parafin. Beberapa lipstik mengandung parafin dengan kadar kecil. Meski begitu, bila sering digunakan maka bisa menyebabkan karies gigi.
Baca Juga :   Saus Tomat Mengurangi Risiko Kanker, Benarkah?

Kelima bahan kimia di atas bisa diingat sehingga saat membeli lipstik jangan lupa untuk mengeceknya lebih dahulu. Jangan tergiur dengan harga make up murah tapi perhatikan juga keamanannya. (trj)