Resmi! Ini Dia Pakaian Khas Lumajang

1031

Lumajang (WartaBromo.com) – Momen Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-767 Tahun 2022, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memperkenalkan Pakaian Khas Lumajang yang baru. Ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Universitas Gajah Mada.

“Hari ini saya dan Bunda Indah Masdar memakai baju khas Lumajang yang telah di kaji oleh para guru besar sejarah UGM dengan berbagai referensi dan rujukan diantaranya Becknopte Encyclopedie van Nederlandsch-Indie, koleksi National Archief Den Hag, dan Perpustakaan Universiteit Leiden. Dan juga beberapa referensi dokumentasi dari Arsip Nasional dan beberapa sumber ahli sejarah dari berbagai perguruan tinggi,” terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq disela kegiatan Harjalu yang di Alun-alun Lumajang, Kamis (15/12/2022).

Pakaian Khas Lumajang versi kajian UGM itu dibalut dengan nuansa hitam. Nampak elegan dengan tambahan manik-manik emas di beberapa bagian depan.

Untuk pakaian pria yang dikenakan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq tidak dikancing namun mengenakan pakaian dalam warna putih, dilengkapi blangkon (penutup kepala) berwarna hitam serta jarik Lumajangan sebagai bawahan.

Sementara untuk pakaian wanita yang dikenakan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, motifnya sedikit berbeda dengan pakaian pria. NamunĀ  menambah kesan anggun kepada pemakainya.

Pakaian tersebut sebelumnya sudah digunakan oleh petinggi Lumajang terdahulu, R.M. Singowiguno tahun 1910 saat berfoto dengan keluarga dan para petinggi lainnya. Hal itu menjadi salah satu pertimbangan dipakainya pakaian Lumajang versi kajian Tim UGM sebagai Pakaian Khas Lumajang.

“Baju Khas Lumajang ini di gunakan oleh R.M. Singowiguno di depan Kepatihan Lumajang tahun 1910. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Pakaian Khas Lumajang dalam prosesi upacara merujuk pada pakaian R.M. Singowiguno, termasuk untuk prosesi HARJALU yang ke 767,” pungkasnya. (rul/may)