Mitos Bunga Kenanga yang Beredar di Masyarakat

1802

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mitos bunga kenanga banyak tersebar di Indonesia, utamanya masyarakat Jawa. Mitos ini tersebar secara turun-temurun, sehingga banyak orang yang tidak tahu.

Ada begitu banyak mitos bunga kenanga yang beredar di masyarakat. Namun, dibalik mitos yang ada terdapat juga manfaatnya.

Lantas apa saja mitos bunga kenanga yang beredar di masyarakat?

1. Jodoh Akan Datang

Dari cerita-cerita yang beredar, adanya tanaman bunga kenanga di luar rumah mampu menghadirkan jodoh. Bahkan, orang jaman dahulu sering menanam bunga kenanga di luar rumah bila memiliki anak gadis.

Tak lain agar anak gadisnya segera mendapatkan jodoh dan mengundang sang belahan jiwa. Biasanya, bunga kenanga ini akan ditanam di pojok kanan kiri rumah.

Baca Juga :   Harus Tahu! Ternyata Begini Ciri-Ciri Warung yang Pakai Jin Pelaris

2. Bisa Mengusir Makhluk Halus

Simbol bunga kenanga yang suci serta aroma yang dihasilkan diyakini tidak disukai oleh makhluk halus. Bila menanam bungan ini maka makhluk halus yang mendekati akan pergi.

Pasalnya, bunga kenanga dipercaya memiliki energi mistis positif yang ditakuti makhluk halus. Untuk itu orang jaman dahulu banyak yang menanam bunga kenanga.

3. Melariskan Dagangan

Bunga kenanga selain sebagai hiasan juga ternyata dianggap sebagai penglaris dagangan.

Bahkan mampu membawa berkah untuk para pedagang dengan meletakkan bunga kenanga pada etalase atau tempat berjualan tersebut. (trj)