Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Sebabkan Anak Bertubuh Pendek

253

Pasuruan (WartaBromo.com) – Memiliki anak dengan postur tubuh ideal dan tinggi proposional adalah impian semua orang. Sayangnya, tak semua orang tua sadar bila ada perilakunya yang justru membuat anak berpostur pendek.

Untuk dipahami, meski faktor genetik juga turut berpengaruh terhadap bentuk tubuh anak, namun tak ada salahnya orang tua memperhatikan kebiasaan dan gaya hidup anak sehari-hari.

Lebih-lebih soal aktivitas fisik hingga konsumsi makanan yang bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut kebiasaan orang tua yang bisa membuat anak bertubuh pendek:

1. Terlalu Banyak Minum Teh

Para orang tua harus benar-benar menghindari teh untuk anak. Pasalnya, terlalu banyak minum teh bisa menghambat otak anak menyerap zat besi.

Ini disebabkan karena teh mengandung kafein yang kerap menyebabkan anak menjadi lebih aktif dan sulit tidur. Bila memang anak ingin minum teh, maka imbangi dengan tambahan sumplemen zat besi.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Bermicin

Konsumsi MSG atau monosodium glutamat terlalu sering dan berlebihan juga dipercaya berisiko menghambat pertumbuhan tinggi badan anak. Hal ini terutama berpengaruh pada tulang.

MSG diketahui dapat mengganggu produksi hormon tiroksin dan paratiroid. Adapun hormon tersebut berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

3. Jarang Berkaktivitas Fisik

Kebiasaan orang tua yang bisa membuat tubuh anak pendek adalah jarang mengajak anak untuk beraktivitas fisik. Akibatnya, proses pertubmuhan tulang anak menjadi terhambat.

Selagi anak masih berada di golden age, sebisa mungkin sering mengajaknya untuk berolah raga. Misalnya renang, lompat tali, bergelantungan dan lain sebagainya. (trj)