Inilah 3 Penyakit Langka yang Belum Ada Obatnya

363

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai manusia tentu tak bisa lepas dari suatu penyakit. Baik penyakit ringan maupun yang paling langka sekalipun.

Penyakit-penyakit yang menyerang kesehatan tersebut tak hanya muncul karena gaya hidup yang kurang sehat, melainkan bisa jadi karena gangguan hormon atau perubahan genetik. Bicara soal penyakit, tentu ada beberapa jenis penyakit langka.

Dilansir dari halodoc.com, soal penyakit langka ini masih belum bisa diidentifikasi secara maksimal. Pasalnya, ada keterbatasan data hingga berbagai faktor lain.

“Penyakit langka merupakan kondisi gangguan kesehatan yang jarang terjadi atau hanya dialami oleh pengidap yang sangat sedikit,” jelas seorang dokter umum, dr. Fadhli Rizal Makarim.

Lantas, apa saja penyakit langka yang ada di dunia?

Baca Juga :   Bahayanya Menggunakan Bantal Elektrik

1. Fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP)

FOP adalah penyakit keturunan yang menyebabkan pertumbuhan jaringan tulang ekstra di luar sistem tulang belakang. Jaringan tulang ini dapat terbentuk di sekitar sendi, membuat gerakan menjadi sangat terbatas. Saat ini, tidak ada obat yang efektif untuk FOP.

2. Harlequin Ichthyosis

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit langka yang menyerang kulit. Pengidap Harlequin Ichthyosis akan memiliki kulit yang kering, menebal di beberapa bagian, dan bersisik.

Selain kulit yang kering dan bersisik, ada beberapa tanda lain yang berkaitan dengan penyakit ini, seperti kelopak mata yang terlipat keluar, suhu tubuh rendah, serta ukuran tangan dan kaki yang terlihat kecil.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa, Dijamin Ampuh!

3. Progeria

Progeria adalah penyakit genetik langka yang menyebabkan penuaan prematur pada anak-anak. Gejala termasuk rambut rontok, kulit kering dan keriput, dan penurunan fungsi organ dalam. Saat ini, tidak ada obat yang efektif untuk progeria. (trj)