Tips Memilih Kurma yang Bagus Untuk Berbuka Puasa

216

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dalam menunaikan Ibadah puasa di bulan Ramadan rasanya kurang lengkap dalam mencari keberkahan kalau tidak mengkonsumsi buah kurma, saat berbuka puasa.

Makanya, tidak mengherankan jika umat Islam berbondong-bondong membeli buah kurma untuk stok menu sahur dan berbuka puasa.

Namun, ada beberapa tips memilih kurma yang bagus untuk berbuka yang harus Bolo perhatikan. Karena tidak semua kurma yang dijual memiliki kualitas bagus.

Nah jangan risau Bolo, berikut beberapa tips dilansir dari berbagai sumber cara memilih kurma yang bagus untuk berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadan:

1. Lihat Kondisi Fisik Kurma

Ketika membeli penting melihat atau memperhatikan kondisi fisik buah kurma. Secara umum, kurma yang dijual di Indonesia adalah kurma kering dengan kondisi fisik masih agak basah, lunak, dan cenderung tidak lengket.

Baca Juga :   Puasa Bikin Sehat, Ini Kuncinya!

Perlu diketahui, kurma yang terlalu lengket saat kita pegang, biasanya sudah dicampur dengan pemanis, seperti sirup atau gula. Selain itu, hindarilah membeli kurma yang terlalu kerut, sebab kerutan yang terlalu banyak biasanya menunjukkan bahwa kurma itu sudah lama.

2. Kurma yang Berkualitas Baik Memiliki Bentuk Besar

Nah, kurma yang baik tentu saja memiliki bentuk yang besar. Maka dari itu, pentingnya memilih dan memilah saat membeli kurma, sebab jenis kurma pasaran memang bermacam-macam.

Pasalnya, ada beberapa jenis kurma yang terkenal, seperti kurma Medjool yang memiliki bentuk yang besar daripada lainnya.

Beli kurma berkualitas di sini.

Namun, kalau Bolo menemukan ukuran kurma yang jauh lebih kecil daripada biasanya, berarti sudah dapat dipastikan buah tersebut sudah dalam waktu yang lama.

Baca Juga :   Tips Hadapi Istri yang Cerewet dan Suka Ngomel Ala Islam

3. Pilih Kurma yang Warnanya Rata

Tips memilih kurma yang bagus untuk berbuka selanjutnya adalah pilih kurma yang berwarna rata. Sebab kurma yang bagus dan berkualitas biasanya berwarna kecoklatan dan cenderung gelap.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada kurma yang terang. Akan tetapi, saat membeli pastikan Bolo memilih kurma dengan warna yang merata, tidak pecah, dan tidak ada noda pada permukaannya.

Demikianlah tips memilih kurma yang bagus untuk berbuka serta bagi kesehatan. Semoga dengan begitu ramadan kita menjadi sehat dan selalu diberkahi-Nya. (tra/trj)