Polisi Sita 1,5 Ton Pupuk Bersubsidi di Rumah Kades

1436

Besuk (WartaBromo.com) – Polisi menemukan timbunan pupuk bersubsidi di rumah Nawawi, Kepala Desa Bago, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, Kamis (13/4/2023) malam. Polres Probolinggo pun harus mengerahkan ratusan personil saat mengamankan barang bukti.

Timbunan pupuk itu, terekspos setelah warga mendapati kendaraan pikap memuat pupuk bersubsidi di kios milik Zainul, warga setempat. Ternyata kendaraan itu, tengah melakukan pengisian 30 karung pupuk atau sekitar 1,5 ton ke rumah Kades Bago, Nawawi.

Polisi pun melakukan pengecekan ke rumah kades itu. Karena sebelumnya juga menangkap Edi warga Desa Kertosono, Kecamatan Gading. Dimana pria itu, mengangkut pupuk bersubsidi dari wilayah Tiris ke Bago.

Saat hendak memeriksa dan mengamankan pupuk bersubsidi itu, Kades Bago memanggil sejumlah warganya. Ketegangan pun terjadi antara petugas dengan warga. Tak ingin chaos, Polres Probolinggo mendatangkan ratusan personil Sabhara.

Baca Juga :   Pastikan Tak Ada Pengurangan, Mentan Sebut Ini Penyebab Kelangkaan Pupuk

“Kami hanya meminta bukti kepemilikan dari pupuk ini, kalau memang nanti ada bukti, kami sendiri yang akan memfasilitasi pengembalian pupuk ini,” kata Kanit Tipidter Satreskrim Polres Probolinggo, Ipda Haryo Fery Dias Atmadja dalam video rekaman warga yang beredar.

Ia pun minta Kades Nawawi kooperatif untuk datang ke Mapolres Probolinggo. Untuk memastikan kepemilikan dari puluhan pupuk tersebut. Termasuk asal usul pupuk bersubsidi itu dari kios mana.

“Bahkan kalau mau dipakai besok, saya sendiri yang mau mengantar ke sawah. Tapi harus sesuai prosedur dan bisa menunjukkan semua yang nantinya kami minta,” ujar Haryo dalam video berdurasi 42 detik itu. (saw/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.