Berburu Lailatul Qadar di Moment Terakhir Ramadan

158
Para jemaah memadati masjid Jamik Al Anwar, Kota Pasuruan, Senin (17/4/2023). Foto: Kamilio.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Malam Lailatul Qadar tidak disebutkan secara spesifik waktunya. Dengan begitu, umat Islam diharapkan kian meningkatkan ibadahnya di hari-hari terakhir Ramadan.

Di Masjid Jami Al-Anwar, Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Senin (17/4/2023) malam, ribuan jemaah mengikuti khataman Qur’an yang digelar takmir masjid setempat.

Kegiatan yang dimulai pukul 21.00 tersebut digelar untuk jemaah laki-laki dengan dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Sunniyah Salafiyah, Habib Taufiq Bin Abdul qodir Assegaf.

Pantauan WartaBromo, para jemaah itu mulai membanjiri masjid sejak selepas tarawih. Mereka kemudian berdiam (i’tikaf) sembari membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

“Di sela-sela itu, nantinya kan ada ceramah agama yang akan diisi oleh Habib Taufiq. Saya sebagai orang awam sudah seharusnya terus memperdalam ilmu agama. Apalagi pas bulan puasa seperti ini,” papar salah satu jamaah asal Bangil, M. Ali Zaini.

Bahkan, pantauan media ini di lokasi, arus kendaraan menuju Masjid Jami Al-Anwar yang berada tepat di barat alun-alun Kota Pasuruan mengalami kemacetan panjang.

Kepadatan ruas jalan menuju Alun – alun Kota Pasuruan terpantau sepanjang Jl. Wachid Hasyim, Jl. Alun – alun utara hingga di sisi selatan jalan Alun – alun.

Selain padat oleh jamaah, ruas Jl. Wachid Hasyim juga sarat dengan pengunjung wisata religi payung Madinah yang menjadi icon baru Kota Pasuruan. Sebagian lain merupakan warga yang sedang berbelanja untuk keperluan menyambut lebaran 2023.

Perlu diketahui, hingga laporan ini ditulis, jamaah Khatmul Quran di Majid Jami Al-Anwar terus bertambah.

Barisan para jemaah ini bahkan meluber hingga keluar sekitaran masjid, tepatnya di pelataran payung madinah yang malam ini terlihat menguncup. (lio/asd)