Kabupaten Pasuruan akan Berangkatkan 1.174 Calon Jamaah Haji

895

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan memastikan 1.174 Calon Jemaah Haji siap berangkat haji di tahun 2023 ini, keberangkatan CJH Kabupaten Pasuruan akan dibagi menjadi empat kloter yang akan berangkat pada bulan Juni mendatang.

Kasie Haji dan Umroh, Agus Suhaery mengatakan berdasarkan data Kemenag totalnya ada sekitar 1.174 calon jamaah haji yang akan berangkat dari Kabupaten Pasuruan.

“Kami sudah dapat jumlahnya. Itu sudah berdasarkan data dari kanwil,” ujar Agus saat dikonfirmasi wartabromo.com, Selasa (23/5/2023).

Diketahui, kuota awal calon Jemaah haji yang berhak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) baik reguler maupun cadangan yakni 1.614 orang. Namun, yang bisa melunasi hanya ada 1.219.

Baca Juga :   Ada Kendala Teknis, Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Asal Pasuruan Molor

Agus menyebut jika dalam pelunasan ada berbagai unsur, semisal, mutasi dari Pasuruan keluar daerah sehingga catatannya menjadi ikut daerah yang dituju ketika disetujui. Kemudian ada juga cadangan, tapi yang cadangan tak semuanya ikut dalam pemberangkatan.

“Datanya bisa berubah nanti. Untuk mutasi keluar jumlahnya ada puluhan, jumlah pastinya lupa saya,” katanya.

Sementara itu, untuk jadwal keberangkatan Jemaah haji di Kabupaten Pasuruan tahun 2023 ini sudah ditetapkan oleh pusat. Yakni, kloter 51,52 dan 53 dijadwalkan berangkat pada Senin 12 Juni 2023. Sedangkan untuk kloter 66 berangkat di tanggal 16 Juni 2023 mendatang.

“Sudah dibagi menjadi 4 kloter untuk pemberangkatan Jemaah asal Kabupaten Pasuruan,” bebernya.

Baca Juga :   128 Calhaj Probolinggo Berisiko Tinggi

Pihaknya juga berharap pemberangkatan haji tahun ini nantinya berjalan dengan lancar. Meskipun, ada beberapa Jemaah yang berangkat nanti bisa berkurang. (don/yog)