Kembali Raih WTP, Walikota Probolinggo Ajak Lanjutkan Pemerintahan yang Benar dan Bersih

178

Kanigaran (wartabromo.com) – Pemkot Probolinggo di bawah kepemimpinan Walikota Hadi Zainal Abidin telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut. Keberhasilan ini merupakan bukti komitmen dalam menjalankan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan bersih.

Walikota Probolinggo memberikan pesan agar pencapaian ini dapat menjadi motivasi dan memperkuat konsistensi kinerja. Pemerintahannya bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan bersih.

“Dalam masa kepemimpinan saya, kami berhasil mempertahankan Opini WTP. Ini adalah bukti komitmen saya dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dan transparan. Temuan administratif telah ditindaklanjuti sehingga kami berhasil meraih Opini WTP,” jelasnya pada Sabtu (27/05/2023).

Walikota juga berharap agar pemerintahannya terus melanjutkan pemerintahan yang benar, bersih, dan transparan. “Hanya dengan cara tersebut, kami yakin kesejahteraan masyarakat dapat diraih dan dinikmati secara lebih merata,” tambahnya.

Baca Juga :   Tak Punya Biaya, Kakak-beradik di Kota Probolinggo Putus Sekolah

Penyerahan penghargaan dilakukan secara serentak pada Kamis (25/5/2023) di Gedung BPK Sidoarjo. Karyadi, Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, memberikan penghargaan dan beberapa pesan penting kepada para bupati dan walikota se-Jawa Timur.

Karyadi menyampaikan bahwa BPK tetap berkomitmen dan berkontribusi positif dalam menjaga harta negara, terutama dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Dalam pengelolaan keuangan daerah, yang perlu diperhatikan adalah penganggaran dan pendapatan. BPK tidak ingin temuan hasil pemeriksaan keuangan berulang-ulang,” kata Karyadi.

Meskipun telah ada capaian Opini WTP, masih terdapat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di setiap pemerintah daerah. Karyadi mengajak kepala daerah untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK.

“Tindaklanjut terhadap rekomendasi yang telah diserahkan harus dipercepat. Ada yang mencapai 95% tindaklanjutnya hingga semester kedua tahun 2022, namun ada juga yang di bawah 90%. Mari kita bersama-sama memaksimalkan tindaklanjut dari seluruh rekomendasi yang telah disampaikan,” ujarnya.

Baca Juga :   Wali Kota Probolinggo : Kami Tidak Anti Kritik

Abdul Mujib, Ketua DPRD Kota Probolinggo, juga mengapresiasi pencapaian Opini WTP secara berturut-turut di bawah kepemimpinan Walikota Hadi Zainal Abidin. Ia hadir bersama walikota dalam acara penyerahan LHP di Sidoarjo.

Mujib menyatakan apresiasi tertinggi terhadap kerja keras eksekutif dan legislatif dalam menjalankan roda pemerintahan, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga evaluasi. Ia menyebut bahwa hasil tersebut menjadi acuan bagi legislatif dan eksekutif untuk terus berpacu dan menjadi lebih baik di masa depan.

Mujib juga mengungkapkan apresiasinya kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam mengawal pemerintahan saat ini, baik itu dalam bentuk kritik maupun dukungan. Ia menyatakan terima kasih kepada mereka yang memberikan kritik, karena hal itu menjadi tantangan bagi mereka dan membangkitkan semangat untuk menjadi yang terbaik.

Baca Juga :   Opini WTP Pacu Kesejahteraan Warga Probolinggo

Dalam hal teknis, Inspektorat meminta seluruh perangkat daerah untuk selalu berkomitmen dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. (lai/yog)