Tangani Parkir dan Sampah, Gus Ipul Minta MUI Keluarkan Fatwa

134
Rembuk Stunting, Gus Ipul Perintahkan Fokus ke Kecukupan Gizi

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), tampaknya benar-benar ingin parkir di Kota Pasuruan tertib. Ia bahkan meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan fatwa terkait masalah ini.

Hal ini disampaikan Gus Ipul saat membuka acara rapat kerja MUI Kota Pasuruan pada Selasa (30/05/2023) lalu.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul membeberkan persoalan yang dihadapi dan mendesak untuk diselesaikan di Kota Pasuruan adalah perkara parkir dan kebersihan.

Menurut dia, sampai saat ini masih banyak warga Kota Pasuruan yang memarkir sepeda motor di atas trotoar, kemudian membuang sampah sembarangan.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu mengaku membutuhkan bantuan dari banyak pihak untuk mencari solusi persoalan tersebut, termasuk dari MUI.

“Saya minta tolong ke panjenengan, meminta fatwa terkait hukumnya parkir di atas trotoar dan membuang sampah sembarangan,” ujar Gus Ipul.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul juga memaparkan, saat ini Pemkot Pasuruan tengah berupaya untuk membangun kota dari sektor pariwisata.

Wisata religi, pembangunan payung madinah, serta penyelenggaraan berbagai event disebut sebagai upaya untuk menarik orang luar untuk berkunjung ke Kota Pasuruan.

“Kekuatan kita wisata religi. Saya ingin nanti Kota Pasuruan menjadi kota manasik. Kita masih rancang. Saya juga minta bantuan semua pihak di sini untuk menyukseskan MTQ Jawa Timur yang akan digelar September nanti,” imbuh Gus Ipul. (tof/asd)