Tips Mengatur Keuangan Saat Ibadah Haji Agar Ibadah Nyaman Bebas Utang

118

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mengatur keuangan selama ibadah haji adalah hal yang penting untuk memastikan perjalanan spiritual yang lancar dan bebas dari beban finansial. Maka, Calon Jamaah Haji (CJH) wajib memperhatikan hal ini.

Bila tak cermat mengatur keuangan maka akan kesulitan menjalankan ibadah di Tanah Suci. Apalagi jika berangkat seorang diri tanpa ditemani keluarga atau saudara.

Nah, berikut ada 3 tips mengatur keuangan selama ibadah haji yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Buat Anggaran yang Teliti

Membuat anggaran yang teliti adalah langkah penting dalam mengatur keuangan selama ibadah haji. Tentukan dengan jelas jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk biaya transportasi, akomodasi, makanan, perlengkapan, dan pengeluaran lainnya.

Baca Juga :   Pekan Depan, 905 Calhaj Probolinggo Berangkat ke Tanah Suci

Dengan anggaran yang terperinci, Bolo dapat menghindari pengeluaran berlebihan dan menjaga keuangan Anda tetap terkendali.

2. Batasi Pengeluaran Selama Perjalanan

Selama ibadah haji, batasi pengeluaran yang tidak perlu. Fokus pada kebutuhan dasar seperti makanan, transportasi, dan akomodasi.

Hindari belanja impulsif atau menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Pertimbangkan kepentingan spiritual Anda yang lebih utama daripada aspek materi.

3. Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Sebisa mungkin, hindari meminjam uang selama ibadah haji. Hutang dapat menambah beban finansial Bolo setelah pulang dari perjalanan suci ini.

Jika memang ada kebutuhan mendesak, pertimbangkan pilihan lain seperti meminjam dari keluarga atau teman yang dapat memberikan bantuan tanpa beban bunga. (trj)