Panorama Gunung Argopuro Temani Keseruan Nikmati Pesona Alam Krucil

161
Panorama Gunung Argopuro Temani Keseruan Nikmati Pesona Alam Krucil

Krucil (WartaBromo.com) – Pemkab  Probolinggo mempromosikan wisata di Kecamatan Krucil dengan melibatkan para penggemar trail dan jip pada Sabtu (22/7/2023). Hal itu untuk mengintegrasikan beberapa destinasi wisata menjadi paket tour agar kunjungan wisatawan meningkat.

Plt. Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto, memimpin rombongan touring yang memulai perjalanan dari rest area di Desa Betek menuju Bermi Eco Park (ECP).

Saat berkeliling melewati jalanan kabupaten, rombongan singgah di Pasar Krucil. Menyapa masyarakat dan membagikan bendera merah-putih.

Rombongan menelusuri jalanan sembari menikmati pesona alam di Kecamatan Krucil..

Sesampainya di Bermi Eco Park (ECP) yang terletak di lereng Gunung Argopuro yang indah, peserta touring beristirahat.

Secangkir kopi dan susu segar dari para peternak setempat melengkapi rombongan menikmati panorama sekitar. Beberapa peserta juga mengendarai motor ATV dan memetik tomat dari ladang-ladang di sekitar ECP.

“Sangat menyenangkan, ternyata Kabupaten Probolinggo ini punya potensi yang tidak kalah dengan daerah lain. Kita punya pegunungan untuk ber-adventure. Monggo, sangat menyenangkan, ayo kita coba,” ujar Rita Erik Irwanto, salah satu peserta touring.

Perjalanan dilanjutkan menuju rest area di Desa Watu Panjang. Jalan berliku dan berbukit menjadi tantangan bagi para peserta.

Meskipun ada beberapa peserta yang terpisah dari rombongan karena jarak, para pemandu segera menyusul dan memastikan semua peserta tetap berada dalam rombongan. Peserta lagi-lagi disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Dua anggota rombongan menikmati sensasi petik buah tomat dari kebunnya langsung.

Dari desa yang terkenal dengan Petilasan Panji Laras itu, peserta touring kembali melanjutkan perjalanan. Menyusuri jalan-jalan pedesaan dengan berbagai kontur yang menantang. Kali ini, mereka menuju Wisata Guyangan.

Di lokasi ini, peserta disuguhi keindahan Air Terjun Jaran Goyang dan Taman Buah 99. Tak ketinggalan, ada juga fasilitas glamping yang menjadi favorit para pengunjung di akhir pekan.

“Sebenarnya kami ingin mengenal spot-spot wisata yang bagus sekali, yang alami, yang tanpa dipoles sangat bagus. Karenanya penting kita mengekplor dan dikunjungi untuk rileksasi,” kata PLT. Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto, menyatakan bahwa acara touring ini bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai atraksi wisata di Kecamatan Krucil menjadi satu paket wisata yang berkesinambungan.

Saat ini, pengelolaan wisata di wilayah tersebut masih berjalan secara terpisah-pisah, yang menghambat perkembangan potensi wisata. Rata-rata kunjungan wisatawan hanya sehari.

“Wisata ini kan ada di beberapa titik dengan jalur view, pemandangan yang luar biasa, tidak ada di daerah-daerah lain atau kota. Kita bisa dengan paketan, naik jip bisa, dengan keluarga, aman-aman. Juga dengan trail yang pengen andrenalinnya lebih menantang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ugas menyatakan bahwa pihaknya akan mendorong Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) di Kecamatan Krucil untuk berkolaborasi dan saling mendukung destinasi-destinasi wisata di wilayah tersebut. Kolaborasi itu, diyakini bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Rengganis tersebut.

“Dengan menggabungkan beberapa lokasi wisata, misalnya empat titik atau lebih, menjadi satu paket, kita dapat menarik minat wisatawan tidak hanya di Krucil, tapi juga dari daerah lain, seperti paket arung jeram,” tambah Ugas.

Integrasi berbagai atraksi wisata dan promosi ekowisata di Kecamatan Krucil diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Kabupaten Probolinggo sebagai destinasi menarik bagi para wisatawan yang menginginkan petualangan dan relaksasi.

Dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat lokal, sektor pariwisata di daerah ini berpotensi berkembang dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak terlibat. (saw/**)