Khofifah Sodorkan Sekda Probolinggo Jadi Pj Bupati

161
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pangkalan LPG di Probolinggo.

Kraksaan (WartaBromo.com) – Peluang Sekda Probolinggo, Ugas Irwanto menjadi penjabat (Pj) bupati semakin besar. Seiring namanya masuk dalam 39 nama calon penjabat (Pj) bupati/wali kota untuk 13 kabupaten/kota yang diusul oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Didik Chusnul Yakin mengatakan, Gubernur Khofifah telah mengirimkan 39 nama pada Rabu (8/9/2023) lalu.

Mereka yang diusulkan mayoritas pejabat eselon II di Pemprov Jatim. Serta pejabat setingkat sekretaris daerah (Sekda) dari kabupaten/kota setempat.

Ada juga dari militer. Mereka dipersiapkan untuk menjadi bupati/wali kota untuk 13 kabupaten/kota di Jatim.

Dari 39 nama itu, muncul Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto. Ia disandingkan dengan Kasatpol PP Pemprov Jatim, M Hadi Wawan Guntoro dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto.

Baca Juga :   Bromo Diduga Sengaja Dibakar

“Dan Rabu lalu dikirim, sesuai tenggat waktu yang ditetapkan Mendagri,” sebut Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Didik Chusnul Yakin, Kamis (10/8/2023).

Satu nama yang diusulkan dari unsur TNI, Brigjen TNI (MAR) Guslin. Pati yang kini sebagai Asisten Deputi Koordinasi Kewaspadaan Nasional Kemenkopolhukam itu, diusulkan menjadi Pj Bupati Bangkalan. Pendamping Guslin diusulkan Ahmad Ahadiyan Hamid (Kadispora Bangkalan) dan Sufi Agustini (Bakorwil Pamekasan).

Sementara itu, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim Nurkholis diusulkan menjadi Pj Bupati Pasuruan. Meski ia semula disebut-sebut menjadi Pj Wali Kota Malang.

Mendampingi mantan ajudan Gubernur Basofi Sudirman itu, dipasanglah Andriyanto kini menjabat Kepala Brida (Badan Riset dan Inovasi Daerah) Jatim. Serta Andi Alim Abdinusa yang sehari-hari menjabat Kepala PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) Pemprov Jatim.

Baca Juga :   Pembuat Ijazah Palsu Mantan Anggota Dewan Dituntut Ringan

Sedangkan Indah Wahyuni, kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim sebagai calon Pj Bupati Lumajang.

Selain Yuyun (sapaannya), ada Gatot Soebroto, kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim. Juga Budi Sarwoto Kepala Dinas PMD (Pembangunan Masyarakat Desa) Jatim. (aly/saw)