Target Raih 5 Besar, 445 Atlet Kabupaten Pasuruan Diberangkatkan ke Porprov VIII Jatim

148

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 445 atlet asal Kabupaten Pasuruan siap bertanding di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023. Dalam kejuaraan tersebut, Kabupaten Pasuruan menargetkan masuk peringkat 5 besar.

Pantauan wartabromo, sebanyak 612 orang kekuatan kontingen Kabupaten Pasuruan yang terdiri dari 445 atlet dan 117 pelatih/ofisial dikukuhkan dan siap diberangkatkan secara langsung oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf di Pendopo Kabupaten Pasuruan pada Jumat (18/8/2023) pagi.

Diketahui, target masuk peringkat 5 besar itu sudah dibicarakan pengurus KONI dengan para pengurus dan pelatih cabor. Termasuk juga mengukur kekuatan masing-masing atlet dari sejumlah cabor yang diikut sertakan.

Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan mengatakan, saat ini olahraga memang menjadi kebanggaan Kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu, ajang porprov saat ini perlu disiapkan untuk prestasi dan memberikan kesempatan atlet untuk berkiprah di Jawa Timur, Nasional hingga Internasional.

Baca Juga :   Pukul Banyuwangi 0-3, Voli Putra Probolinggo Lolos 8 Besar

Harapannya, ke depan semua cabang olahraga bisa diikuti dalam gelaran Porprov Jatim. Selain itu, Kabupaten Pasuruan diharapkan bisa naik tingkat dan finish di 5 besar.

“Bisa naik tingkat bisa ke 5 besar, kalau yang kemarin 6 sekarang bisa niak,” kata Irsyad.

Sementara itu, Yudha Triwidya Sasongko, Manager Kontingen Kabupaten Pasuruan pada Porprov VIII juga mengatakan, seluruh kontingen diharapkan terus bersemangat dalam menghadapi Porprov VIII ini.

“Tetap semangat para atlet Kabupaten Pasuruan,” paparnya.

Disisi lain, Mulyadi, Ketum KONI Kabupaten Pasuruan menambahkan, ada 8 cabor tambahan yang mengikuti Porprov tahun ini. Ke-8 Cabor itu diantaranya; tinju, dayung, MMA, gateball, e-sport, voli, drumb band, dan berkuda. Voli sempat ikut pada Porprov tahun lalu. Namun gagal di ajang Pra Porprov.

Baca Juga :   Laga Pra Porprov, Kota Pasuruan Taklukan Kota Probolinggo 2-1

“Kekuatan kontingen pada Porprov 2023 ini lebih besar dibanding pada Porprov tahun lalu di Jember. Hal ini karena jumlah cabor yang diikutersertakan tahun ini juga lebih banyak,” terangnya.

Pihak koni juga menyampaikan sejumlah rincian atau target agar bisa finish di peringkat 5 besar porprov 2023 tersebut. Raihan 5 besar itu bisa didapat jika mampu meraih 200 keping medali dengan nilai 335 poin.

Ratusan medali itu jika dirinci adalah, 45 Keping medali emas. Lalu, perak 50 keping dan perunggu sebanyak 55 keping. Raihan medali ini jika bisa diraih akan terpaut jauh dengan hasil medali yang diraih pada Porprov 2022 lalu.

Saat itu, kontingen Kabupaten Pasuruan mendapatkan total 121 keping medali. Atau 272 poin. Yakni, medali emas 37 keping. Kemudian, 40 perak dan 44 perunggu.

Baca Juga :   Soal Target 5 Besar Porprov, Setiap Cabor Diminta Komitmen Tegas

Sekedar diketahui, ajang Kejuaraan Porprov VIII Jatim 2023 tahun ini digelar pada 9 – 16 September 2023. Porprov tahun ini digelar di empat daerah. Yakni, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. Untuk pembukaan digelar pada 9 September di GOR Delta Sidoarjo.

Hanya saja, ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan lebih awal. Misalnya cabor Pencak Silat digelar pada 20–25 Agustus. Lalu, Drumb Band, 24 – 30 Agustus. Cabor Taekwondo bertanding pada 3–6 September dan Berkuda pada 5–10 September. (don/yog)