Bantu Padamkan Api di Arjuno, 10.400 Liter Air Digelontor dari Helikopter

148

Pasuruan (WartaBromo com) – Sebanyak 10.400 liter air digelontor dari helikopter untuk membantu pemadaman api di Gunung Arjuno, Sabtu (2/09/2023).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, penyiraman air (water bombing) dengan helikopter sejatinya sudah direncanakan sejak Jumat (1/09/2023) lali. Namun, karena kondisi cuaca tidak memungkinkan, skenario itu baru bisa dilakukan Sabtu (2/09/2023).

“Setelah observasi pandangan mata dan pemetaan itu, maka hari ini sudah langsung mulai melakukan water bombing sebanyak 13 rit ,” kata Gubernur di posko penanganan Karhutla Arjuno I Kaliandra.

Gubernur bilang, sekali jalan, helikopter dari BNPB itu mampu menggelontorkan air sebanyak 800 liter. Atau bila ditotal sebanyak 10. 400 liter.

Baca Juga :   Perburuan Liar Jadi Penyebab Utama Kebakaran Kawasan Arjuno-Welirang

Menurut Gubernur, penyiraman udara ini dilakukan di area kawasan Tahura termasuk Desa Cendono Kabupaten Pasuruan dan Desa Toyomarto Kab. Malang yang mencakup tiga hot spot di wilayah Singosari Kab. Malang dan Desa Tambaksari Kec. Purwodadi Pasuruan.

Beberapa saat sebelumnya, Gubernur juga melihat langsung kondisi terkini kebakaran di Arjuno melalui helikopter.

Tampak bahwa beberapa kawasan memang masih terdapat titik kobaran api khususnya di Bukit Budug Asu, Kecamatan Singosari dan bahkan merembet ke arah Kabupaten Pasuruan. (asd)