Coblosan Ketua RT Ala Warga Petahunan – ‘Calonnya Pakai Seragam SD Sampai Pengantin’

188

Gadingrejo (WartaBromo.com) – Pemilihan ketua RT di Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan berlangsung seru. Sebanyak 89 warga memilih ketua RT layaknya Pemilu Presiden atau Pemilu Legislatif.

Kegiatan itu digelar di RT 2, RW 1 atau tepat di halaman rumah warga pada Rabu (12/09/2023) malam. Bahkan, panitia pemilihan RT juga menyiapkan tempat duduk bagi para calon ketua.

Empat bakal calon RT juga dihadirkan dengan memakai pakaian yang unik. Ada yang memakai baju manten, baju ala pelajar sekolah, hingga baju olahraga ala pesepeda.

Selain itu, desain surat suara pun dibuat mirip dengan surat suara pemilu lengkap dengan logo KPU. Wajah dari empat bakal calon ketua RT juga dipasang di surat suara tersebut.

Baca Juga :   Tak Patuhi Prokes, Bawaslu Semprit Tim Kampanye di Pilwali

“Memang cari yang beda, hal itu dilakukan agar antusias warga yang memilih ketua RT banyak,” kata Yusuf Agustian, ketua panitia.

Menurut tahapan pemilihan dilakukan sama halnya dengan Pemilu pada umumnya. Panitia ingin agar ajang pemilihan ketua RT ini bisa dijadikan sekaligus sebagai edukasi dan sosialisasi soal Pemilu Presiden yang akan digelar tahun depan.

Diketahui, usai mencoblos pilihannya, warga kemudian memasukkan surat suara ke kotak suara. Setelahnya, panitia kemudian membacakan satu per satu hasil rekapitulasi suara di hadapan warga dan perangkat kelurahan setempat.

“Terbukti, dari 92 KK, ada 89 yang datang untuk menentukan pilihannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Agus Setiono, Lurah Petahunan mengatakan, pemilihan ketua RT yang dibuat ala pemilu ini menjadi tanda bahwa kesadaran warga akan pentingnya demokrasi cukup tinggi.

Baca Juga :   Jadi Temuan BPK, Sembilan Paket Pekerjaan di Kota Pasuruan Kelebihan Bayar

“Harapannyabisa menginspirasi dan jadi contoh bagi warga-warga di wilayah lain,” katanya. (don/yog)