Pantau Pilkades, PJ Bupati Pasuruan: Tak Ada Balas Dendam Ya!

174
Pantau Pilkades, PJ Bupati Pasuruan: Tak Ada Balas Dendam Ya!

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari ini, 46 desa di Kabupaten Pasuruan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto memantau secara langsung pelaksanaan Pilkades 2023 ini.

Pria yang juga menjabat Kepala BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Timur ini meninjau jalannya pemilihan di Desa Rejoso Lor, Kecamatan Rejoso dan Desa Kenep, Kecamatan Beji.
Dari pantauan di lapangan, Andri melakukan sidak (inspeksi mendadak) di TPS 1 Desa Rejoso Lor. Di sana, coblosan dilaksanakan di Balai Desa setempat dengan tiga kandidat calon kades.

Selang beberapa menit, Andri dan rombongan melanjutkan pantauan ke TPS 01 Dusun Krajan, Desa Kenep, Kecamatan Beji. Sedikitnya ada 483 pemilih pada lokasi tersebut.

Baca Juga :   Rumah Warga Nguling Dibondet Mantan Menantu

Di hadapan para calon kades, panitia hingga warga, Andri menegaskan bahwa semua calon kades adalah pilihan masyarakat. Namun hanya akan ada satu kades yang terpilih. Sehingga siapapun yang terpilih, itu adalah pilihan warga.

“Tidak ada istilah menang kalah. Tapi ini yang terpilih, pilihan masyarakat desa kenep, desa rejoso lor atau desa lain yang sekarang menggelar Pilkades,” tegasnya.

Andri juga berpesan supaya kepala desa terpilih tidak melakukan euforia berlebihan. Lebih baik jika menggelar tasyakuran dengan mengundung calon kepala desa yang tidak terpilih.

“Bagi yang terpilih, bersyukurnya jangan berlebihan. Euforia untuk bahwa saya menang, tidak usah semacam itu. Boleh tasyakuran, kalau bisa yang tidak terpilih diundang, semuanya untuk desa Kenep,” katanya.

Baca Juga :   Kejar-kejaran Tangkap Maling Motor hingga WNA Palestina yang Kabur Ditangkap | Koran Online 24 Feb

Sementara bagi kades yang tak terpilih, Andri meminta supaya saling mendukung. “Saya titip betul-betul. Untuk yang terpilih pastinya selamat. Dan untuk yang tidak terpilih tolong dukung program kades yang terpilih. Tidak ada lagi balas dendam, iri, dengki dan lain sebagainya. Sepakat ya,” ungkap Andri.

Terakhir untuk warga yang akan mencoblos, Andri meminta agar memilih calon yang sesuai dengan hati nurani. “Sudah tak ada lagi semacam itu. Bagi para pemilih, pilih yang sesuai hati nurani njenengan. Sudah tidak boleh ada tekanan tertentu, karena kami berharap pilkades serentak berjalan lancar dan baik,” harapnya. (mil/may)