Catat Yuk! Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang

214
Catat Yuk! Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan. Termasuk di Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Fenomena tersebut bakal terjadi mulai 11-14 Oktober 2023. Namun, karena kondisi geografi setiap berbeda, maka waktu kemunculan fenomena tersebut juga berbeda di setiap daerah.

Apa Itu Hari Tanpa Bayangan?

Melalui unggahan Instagram @infobmkgjuanda, BMKG menjelaskan fenomena hari tanpa bayangan dikenal juga dengan hari kulminasi utama. Fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

“Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau titik zenit. Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat ‘menghilang’, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan,” tulis BMKG pada postingan Instagram (3/10/2023).

Baca Juga :   Hore! Waktu Pendaftaran CPNS di Kota Pasuruan Diperpanjang

Fenomena ini mengakibatkan bayangan benda tegak akan terlihat menghilang sekitar 30 detik sesudah dan sebelum waktu puncak di masing-masing wilayah karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Selain itu, fenomena hari tanpa bayangan juga mengakibatkan Matahari memiliki jarak paling dekat dengan Bumi dan mempengaruhi kenaikan suhu udara meskipun tidak terlalu signifikan atau ekstrem.

Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Pasuruan, Porbolinggo dan Lumajang

Berdasarkan catatan BMKG, di Pasuruan dan Probolinggo fenomena hari tanpa bayangan akan terjadi pada 13 Oktober 2023. Jika di Pasuruan terjadi pukul 11.14 WIB, maka di Probolinggo bakal terjadi 1 menit lebih awal yakni 11.13 WIB.

Berbeda dengan Pasuruan dan Probolinggo, Kabupaten Lumajang terpaut 1 hari, yakni akan terjadi di pukul 11.13 WIB pada 14 Oktober 2023.

Baca Juga :   Pelajar Probolinggo Dikeroyok Orang Tak Dikenal

Saat terjadi, bolo warmo tidak akan bisa melihat bayangan selama 30 detik. Sudah siap melakukan uji coba hari tanpa bayangan? (lio/may)