Gus Ipul Dorong ASN Kota Pasuruan Salurkan Zakat Lewat Baznas

63
Gus Ipul Dorong ASN Kota Pasuruan Salurkan Zakat Lewat Baznas

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendorong ASN Kota Pasuruan menyalurkan zakatnya lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Hal ini disampaikan Gus Ipul saat membuka sosialisasi dan pembinaan unit pengumpul zakat (UPZ) OPD Pemerintah Kota Pasuruan dengan tema “Meningkatkan Sinergitas dan Kolaborasi melalui Baznas Profesional dan Amanah” di Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan, Kamis (23/11/2023).

Gus Ipul mengatakan, saat ini ASN yang menyalurkan sedekah, infaq, dan zakat lewat Baznas terus meningkat. Dari yang sebelumnya 16% ASN, sekarang menjadi 18% dari jumlah ASN di Kota Pasuruan.

“Untuk itu perlu dukungan dari ASN untuk membayar zakatnya ke Baznas,” ujar Gus Ipul.

Selain lebih halal, dengan menyalurkan zakat melalui Baznas Kota Pasuruan, bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan bisa tersalurkan.

Salah satu bantuan binaan Baznas.

Manfaat yang dihasilkan pun bakal lebih tepat sasaran. Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul menyerahkan bantuan gerobak bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sekjen PBNU tersebut menambahkan, yang perlu diperhatikan lagi adalah penanganan kemiskinan ekstrem. Ini merupakan program nasional untuk mengangkat warga naik level, lepas dari kemiskinan ekstrem.

“Alhamdulillah saat ini ada 1.000 lebih warga yang miskin ekstrem naik satu tingkatan ke level miskin, mudah-mudahan nanti naik lagi menjadi sejahtera,” kata Gus Ipul. (tof/**)