Ribuan Warga Nahdliyin di Bangil Istighotsah Kubro: Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa dan Perdamaian Dunia

149

Bangil (WartaBromo.com) – Istighotsah kubro yang bertema “Doa untuk Keselamatan Bangsa dan Perdamaian Dunia” dihadiri oleh lebih dari 100 ribu masyarakat dari sejumlah kecamatan seperti Bangil, Beji, Gempol, Prigen, Pandaan, dan Rembang.

Stadion R Soedrasono Pogar, Bangil, pada Minggu (26/11/2023) pagi dipenuhi lautan manusia.

Berdasarkan pantauan wartabromo, rangkaian istighotsah dimulai dengan khatmil Quran yang dilakukan oleh 99 JQH, dilanjutkan dengan pembacaan maulid Nabi yang melibatkan 999 Ishari dengan kolaborasi dari Albanjari.

Nuansa spiritual herioik nampak semakin terasa dengan Gema Wahyu Ilahi dan sholawat Asyghil yang memenuhi stadion ditambah dengan nyanyian lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “Mars Syubbanul Wathon”.

“Istighotsah Kubro ini adalah puncak rangkaian peringatan Harlah 1 Abad NU oleh PCNU Bangil. Dengan Istighotsah Kubro kita bermunajat kepada Allah Swt, semoga NU semakin maju, jaya, dan memberi manfaat bagi umat manusia. Semoga Bangsa Indonesia diberi keselamatan, kerukunan, kedamaian, serta menjadi panutan bagi dunia. Kami juga berdoa untuk perdamaian, khususnya bagi saudara kita di Palestina,” ujar Ketua panitia, pelaksana, Sudiono Fauzan dalam sambutannya.

Baca Juga :   Buktikan Kedekatan, DPC PKB Hibahkan Mobil untuk PCNU Bangil dan Kabupaten Pasuruan

Acara mencapai puncaknya saat Khatib Syuriah KH. Rofii memimpin Istighotsah Kubro, diakhiri dengan doa dari sembilan ulama sepuh NU se-cabang Bangil.

Doa istighotsah sendiri dipimpin oleh sembilan kyai ternama seperti KH. Nur Kholis Mustari, KH. Abd. Rohim, KH. Mas Muslim Ikrom, KH. Asy’ari Syarbani, KH. Sholeh Hayat, KH. Ahmad Huda Kholili, KH. Tastif Syarifuddin, KH. Imrom Mutamakkin, dan KH. Syaikhul Hadi.

Tak hanya doa, namun acara ini juga menjadi momen penggalangan amal untuk solidaritas Palestina oleh LAZISNU PCNU Bangil, menunjukkan kepedulian terhadap situasi kemanusiaan di Palestina. (yog)