Pemkot Pasuruan Salurkan Bantuan dari DBHCT, Ini Pesan Gus Ipul

84

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari DBHCHT Tahun 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka Pengendalian Inflasi dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim di Kota Pasuruan.

Pemberian bantuan ini diberikan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Gedung Gradika, Rabu (29/11/2023). Dalam kesempatan ini, Gus Ipul meminta kepada para penerima bantuan untuk menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin.

Kemudian, Gus Ipul menyampaikan bahwa bantuan tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

“Saya ingin menyampaikan hal penting, Pertama, saya akan menjelaskan bahwa bantuan yang bapak-ibu terima hari ini merupakan bantuan yang berasal dari dana DBHCT. Dimana, dana DBCHT ini merupakan hasil dari pajak cukai rokok. Dimana kemudian dibagikan ke seluruh daerah di Indonesia. Tentu besarannya, disesuikan dengan peraturan yang ada,” terangnya.

Tak hanya itu, Gus Ipul juga menerangkan bila pada tahun 2023, Pemkot Pasuruan menerima sekitar Rp 29 Milyar DBHCT dari pemerintah pusat. Bantuan ini ditujukan untuk buruh pabrik rokok, masyarakat lain selain Pekka dan Bantuan Sosial Modal Usaha untuk Pekka, Anggota Kube, Disabilitas serta masyarakat miskin.

“Jadi 29 milyar yang kita dapatkan dari dana DBCHT selain digunakan untuk BLT, dan bantuan modal usaha, juga digunakan untuk kepentingan kesehatan seperti pembelian alat-alat kesehatan, sosialisasi, kemudian juga untuk pendidikan,” jelas Gus Ipul.

Menurut dia, pemberian bantuan ini merupakan komitmen pemkot dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, DBHCT ini tidak hanya diberikan dalam bentuk BLT namun juga bantuan modal usaha.

Sebagai informasi, penyaluran BLT ini dilakukan secara simbolis. Hadir pula Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat beserta jajarannya. (jun/**)