Sambut Nataru, Cabai Rawit di Kota Pasuruan Tembus Rp110 Ribu

106

Pasuruan (WartaBromo.com) – Natal dan tahun baru segera tiba. Harga sejumlah bahan dapur pun kian melonjak.

Pantauan WartaBromo.com di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan salah satu bahan bumbu dapur yang melonjak adalah cabai rawit, yang kini mencapai Rp110 ribu per kilogram. Ini merupakan kenaikan drastis dari harga sebelumnya yang hanya Rp40 ribu per kilogram.

Naiknya harga itu kini menyamai harga daging sapi di pasaran. Harga daging di pasaran saat ini berada di Rp110 ribu-Rp 130 ribu sesuai dengan kualitasnya.

Selain cabai rawit, harga cabai besar melonjak menjadi Rp80 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

“Mau Natal dan tahun baru. Mesti naik kaya gini, jadi sesuai dengan barang yang tersedia. Kalau barangnya banyak pasti nggak mahal, ini minum soalnya,” kata Suprihatin (52), salah satu pedagang di lokasi, Selasa (5/12/2023).

Bukan hanya cabai, kubis, sayuran yang sering menjadi bahan dasar dalam berbagai masakan, juga mengalami peningkatan harga yang cukup tinggi. Harga kubis kini mencapai Rp10 ribu per kilogram, naik dari Rp5 ribu sebelumnya.

Begitu juga dengan bawang merah, naik menjadi Rp40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp30 ribu. Sedangkan bawang putih dari Rp30 ribu per kilogram, meningkat menjadi Rp35 ribu.

Sementara itu, Disperindag Kota Pasuruan berjanji untuk terus memonitor dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas harga serta melindungi kepentingan konsumen.

“Kami tetap pantau terus ke depan. Memang kenaikan sejumlah sayuran ini disebabkan oleh cuaca, pancaroba ini,” tutur Riski Pramita, Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pasuruan. (don/asd)