Ratusan Jip Bromo Jalani Uji Kir Demi Kenyamanan Wisatawan

65

Sukapura (WaraBromo.com) – Demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa, ratusan jip di Bromo, Sukapura, Kabupaten Probolinggo jalani uji kir.

Kali ini, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat menjemput bola dengan mendatangi pelaku usaha jip. Tidak lagi mengharuskan pemilik jip datang ke Balai Uji Kendaraan Bermotor di Desa Alassumur Kulon, Kecamatan Kraksaan.

Uji kelaikan kendaraan bermotor itu, dilakukan di 2 titik. Yakni di halaman Hotel Sukapura Permai pada 4-6 Desember. Diperuntukkan bagi pemilik jip wisata Bromo wilayah Desa Sapikerep, Sukapura, Sariwani, Pakel, Kedasih, Ngepung Kecamatan Sukapura. Juga pemilik jip di Kecamatan Lumbang, dan Wonomerto.

Sementara lokasi kedua yakni jalan Desa Jetak pada 7-8 Desember. Diperuntukkan bagi pemilik jip dari Desa Ngadirejo, Ngadas, Jetak, Wonotoro, Wonokerto, dan Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Baca Juga :   Bromo Alami Gempa Vulkanik Dangkal

“Kami berharap uji kir ini bisa dilakukan secara rutin, apakah 2 atau 3 kali dalam setahun. Kalau sudah uji kir ini, ada tindakan dari petugas bagi yang belum uji kir,” Choirul Umam, salah satu pemilik jip wisata Bromo, Rabu (6/12/2023).

Apalagi keselamatan dan kenyamanan wisatawan Gunung Bromo, memang menjadi perhatian para operator jip wisata. “Harapan kami, dengan adanya surat laik jalan, wisatawan akan lebih nyaman dan tenang,” tandasnya.

Layanan jemput bola itu diapresiasi oleh Ketua Forum Komunitas Pelaku Usaha Ekowisata, Supoyo. Karena mampu meringankan biaya yang dikeluarkan jika uji kir dilakukan di Kraksaan.

“Ini sudah didekatkan sehingga pemilik jip tidak perlu datang ke Kraksaan. Ini merupakan wujud kerja sama yang positif antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha,” ujarnya.

Baca Juga :   Dringu Banjir, Ratusan Warga Terdampak Mengungsi

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto menyebut jika pelayanan uji kir jip Bromo atas arahan dari Pj Bupati Probolinggo. Mendekatkan layanan kepada masyarakat.

ā€œPada hari pertama ini telah dilayani sebanyak 100 kendaraan jip. Semoga seterusnya bisa lebih banyak lagi sehingga bisa terlayani semuanya,ā€ sebut Edy. (saw/saw)