Banyak Petugas Meninggal di Pemilu 2019, KPU Rekrutmen KPPS Usia di Bawah 55 Tahun

161

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rekrutmen kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) bakal segera dibuka. KPU mengutamakan mereka yang berusia di bawah 55 tahun.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari, dalam rapat koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS di Hotel Ascent Premiere pada Rabu (06/12/2023).

Royce mengatakan, penekanan prioritas usia petugas ini, berkaca pada dinamika Pemilu 2019 silam. Di mana banyak petugas KPPS di Indonesia yang sakit dan bahkan meninggal.

Oleh sebab itu, KPU ingin mengantisipasi hal tersebut terulang. KPU bakal memastikan sumber daya manusia (SDM) petugas KPPS, benar-benar sehat jasmani.

“Kami kami butuh dukungan dari dinas kesehatan. Karena KPPS harus sehat dan itu dibuktikan dengan surat sehat,” kata Royce.

Baca Juga :   Roda Meletus, Truk Gandeng Ringsek Tabrak Truk Jerami di Sumurwaru Nguling

Setidaknya, menurut Royce, surat sehat yang nantinya diserahkan oleh pendaftar KPPS menyatakan bahwa si pendaftar memiliki kadar kolestrol yang baik. Tekanan darah pendaftar juga harus normal, dan kadar gula darah yang ideal.

Pada Pemilu 2024 besok, Kota Pasuruan membutuhkan 7 petugas KPPS dan 2 linmas untuk 579 TPS. Totalnya 4.053 KPPS dan 1.158 linmas.

“Rekrutmen dibuka tanggal 11 Desember 2023 hingga 30 Desember. Nanti kami tetapkan tanggal 24 Januari 2024 dan 25 Januari mereka mulai bekerja hingga 1 bulan,” ujar Royce. (tof/saw)