Perempuan Berdaya, Ini Tips Sukses Berpolitik bagi Perempuan

70
Kegiatan Bolo Dewan Menyapa Perempuan Bicara yang digelar oleh Warmo institute di Wisma Gaung, Kamis (14/12/2023). Foto : A Romadoni

Pasuruan (WartaBromo.com) – Baik laki-laki maupun perempuan berhak menginginkan dan memiliki karir berpolitik. Terlebih saat ini tak sedikit perempuan yang terjun ke dunia politik.

Namun ada tips sukses berpolitik bagi perempuan yang harus disimak. Tips ini tentu sebagai langkah awal dan dasar sebelum benar-benar terjun ke dunia politik yang lebih dalam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips sukses berpolitik bagi perempuan:

1. Memiliki Mentor yang Tepat

Menurut penelitian Development Dimensions International, disebutkan bimbingan yang diterima dari seorang mentor dapat membantu individu memperoleh kebijaksanaan dan pengalaman praktis dari rekan kerja lainnya. Hal ini juga berlaku dalam konteks politik.

Seorang mentor akan secara aktif berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan bawahannya, terutama jika mentor tersebut berasal dari lingkungan organisasi yang sama.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Jam Digital yang Mati, Mudah dan Dijamin Berhasil!

2. Berlatih dan Mengasah Pola Pikir yang Out of The Box

Tips sukses berpolitik bagi perempuan yang berikutnya adalah berlatih dan mulai mengasah pola pikir yang out of the box. Sebab, kreativitas dalam dunia politik memiliki peran yang sangat signifikan, bertujuan untuk memastikan perkembangan diri yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, seorang individu yang terlibat dalam dunia politik perlu secara terus-menerus mengisi pikirannya dengan pemikiran atau wawasan yang berbeda dari mayoritas. Meskipun demikian, penting untuk tetap autentik dan tidak berpura-pura.

3. Konsisten

Perempuan yang hendak berkiprah dibidang politik atau bidang lainnya, perlu membiasakan diri dengan sikap konsisten. Mereka harus senantiasa memandang ke depan untuk meraih kesuksesan yang ada di depannya.

Baca Juga :   Cara Membuat Poster di Canva yang Mudah dan Cepat

Penting untuk terus mengejar apa yang diinginkan, bahkan dalam situasi di mana peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan wanita karier harus diemban. (jun)