Star Trail Bromo di Penanjakan 1 Pasuruan, Keindahan Negeri yang Mendunia

271

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gunung Api Bromo saat ini menunjukkan aktivitas cukup tinggi. Bahkan radius 1 kilometer harus disterilkan dari aktivitas manusia.

Gunung api itu, masuk dalam kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Kawasan ini merupakan wilayah wisata dan konservasi alam yang ditetapkan sejak tahun 1982. Menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur.

Mempunyai luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. Mencakup 4 wilayah administratif. Yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Star Trail di Penanjakan 1 Pasuruan

Penanjakan 1 merupakan spot Sunrise Bromo terkenal dan populer di kalangan wisatawan dan pemburu Sunrise Gunung Bromo. Wisatawan mancanegara sering menyebutnya dengan sebutan The Famous of Sunrise.

Baca Juga :   Anak Jadi “Umpan” Buat Selundupkan HP ke Lapas hingga Rekrutmen PPS Diduga Banyak Titipan | Koran Online 26 Jan

Selain spot sunrise, Penanjakan 1 yang terletak di wilayah administrasi Wonokitri, Kabupaten Pasuruan dengan ketinggian 2.770 mdpl ini, juga menyuguhkan Star Trail dengan cara potret long-exposure.

“Kita punya Bromo. Satu satunya di dunia yang kalau di foto selama di atas 8 jam itu muncul namanya startrail. Jadi bintang itu berputar. Hanya satu spotnya di Penanjakan 1 Wonokitri,” papar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi beberapa hari yang lalu.

Dalam astrofotografi, star trail adalah salah satu teknik fotografi yang memanfaatkan long-exposure untuk memotret gerakan bintang di langit malam akibat rotasi Bumi. Bintang yang bergerak semu tersebut membuat efek garis yang menakjubkan.

Tak ada salahnya jika anda memburunya malam ini. Semoga tidak turun hujan. Selamat berburu Star Trail!

Baca Juga :   Pelajar Habisi Tetangga, hingga Perempuan di Pasuruan Ramai-ramai Gugat Cerai Suaminya | Koran Online 20 Des

Masuk 3 Besar Taman Nasional Terindah di Dunia

Awal Desember 2023 lalu, Gunung Bromo dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia oleh Bounce, sebuah situs perjalanan wisata yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

TNBTS menyabet peringkat ke 3 dalam The World’s Most Beautiful National Parks 2023 setelah Taman Nasional Lençóis Maranhenses, Brasil dan Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan yang menyabet peringkat 1.

Penilaian tersebut diukur berdasar jumlah postingan di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, hingga penelusuran Google.

Hasilnya, TNBTS mampu mengungguli taman nasional populer dunia lainnya, seperti Zhangjiajie National Forest di China dengan skor 7,89/10. (lio/saw)