Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Guguran Meluncur Ke Tenggara

123

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, letusan disertai awan panas guguran, Senin (25/12/2023) pagi. Kejadian tersebut terekam dalam rekaman CCTV pada pukul 05.12 WIB.

Awan panas guguran meluncur melewati jalur lava sejauh 3 kilometer, mengarah ke tenggara. Sementara tinggi kolom abu mencapai 1 kilometer dan berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condomg mengarah ke selatan.

Berdasarkan pengamatan Pos Pantau Gunung Api Semeru, letusan ini tercatat di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 4 menit 8 detik. Gunung Semeru masih berstatus Siaga level IIII.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, menyatakan bahwa saat ini belum ada laporan dampak yang signifikan. “Petugas di lapangan terus mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati,” ujarnya.

Baca Juga :   Koran Online 16 Maret : Romy Ditangkap KPK, hingga Pria asal Purwodadi Dimassa

Anomali cuaca menjadi perhatian utama bagi warga di sekitar lereng Gunung Semeru. Terutama di wilayah Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Wawan menekankan pentingnya pemahaman dan kepedulian terhadap kondisi Gunung Semeru yang masih berada pada level Siaga III.

Masyarakat juga diimbau untuk waspada terhadap potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari gunung. Wilayah tersebut memiliki banyak aktivitas pertambangan pasir di sepanjang aliran sungai lahar.

“Situasi masih terus dipantau, dan upaya pencegahan telah ditingkatkan untuk menghadapi potensi ancaman bencana,” tandasnya. (lai/saw)