Natalan, Jip Wisata Mengular hingga Ratusan Wisatawan Padati Gunung Bromo

193

Tosari (WartaBromo.com) – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2023 ini membuat wisata di Gunung Bromo dipadati pengunjung. Bahkan, ratusan jip wisata nampak mengular di jalur wisata tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapat, ratusan wisatawan dari arah Pasuruan, Malang dan Probolinggo terlihat memadati kawasan penanjakan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan sejak pukul 02.00 WIB.

Kunjungan wisatawan di liburan natal dan tahun baru (Nataru) mengakibatkan kepadatan di sepanjang jalur. Kendaraan wisata itupun mengular, mulai dari Penanjakan hingga lautan pasir.

Kondisi itu, membuat paguyuban jip, masyarakat hingga Satlantas Polres Pasuruan proaktif mengatur arus lalulintas. Menerapkan SOP pengurai trafik agar tidak terjadi kemacetan panjang.

Baca Juga :   Gebyar Hardiknas 2023, Ini Pesan Gus Ipul

Di pertigaan Dingklik, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari dilakukan penutupan sementara. Supaya wisatawan yang menaiki jip di atas atau di area Penanjakan bisa turun tanpa kemacetan.

“Jam 3-4 ramai pengunjung dari wilayah Probolinggo, Malang dan dari Pasuruan itu ditutup sementara, penutupan dilakukan dengan maksud kendaraan jip yang dari Penanjakan bisa turun kembali,” kata AKP Deni Eko Prasetyo, Kasatlantas Polres Pasuruan saat dikonfirmasi WartaBromo, Senin (25/12/2023).

Lalu lintas di area wisata Gunung Bromo akhirnya bisa dikendalikan. Sekitar pukul 07.30 WIB, arus lalulintas dari Penanjakan maupun lautan pasir sudah kembali normal.

“Arus lalu lintas sudah pandai sepi, dari arah penanjakan maupun dari Pasuruan. Sejumlah kendaraan hardtop saat ini sedang menuju lautan pasir,” tuturnya. (don/saw)