Siap Sambut Tahun Politik, Berikut Tips Memilih Calon Presiden

52

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi Bolo Warmo hendaknya mulai mempersiapkan diri untuk mensukseskan momen memilih presiden di tahun 2024. Untuk itu, Bolo harus tahu tips memilih calon presiden agar tak salah pilih.

Dilansir dari kompas.com, memilih calon presiden tak boleh sembarangan. Pasalnya, ini berkaitan dengan keberlangsungan masa depan bangsa dan negara. Apalagi, presiden terpilih nantinya akan ditentukan oleh suara rakyat.

Nah, lantas apa saja tips memilih calon presiden? Berikut diantaranya:

1. Lihat Rekam Jejak Calon Presiden

Cara pertama untuk memilih seorang pemimpin bisa dilihat dari rekam jejaknya, rekam jejak tidak hilang dan tidak akan pernah bohong.

Semua prestasi ataupun kasus-kasusnya akan tertata rapi dalam rekam jejak tersebut. Jika rekam jejak calon tercatat baik itu berarti dia pantas masuk dalam kategori.

Baca Juga :   Nyai Ucik: Ini Tipe-tipe Pemilih dalam Pemilu

2. Lihat Visi yang Ditawarkan

Walaupun banyak yang bilang visi yang diucapkan ketika masa kampanye hanya sebatas jualan. Tetapi melihat langkah apa saja yang akan dilakukan ketika menjadi pemimpin sangat penting.

Mengapa? Sebab dengan visi tersebut bisa menjadi gambaran bagaimana calon tersebut akan bekerja dalam masa jabatannya. Calon presiden yang memiliki visi tidak jelas atau bahkan tidak memiliki visi berarti dia tidak pantas masuk dalam kategori.

3. Ikuti Setiap Debat yang Diselenggarakan

Momen debat sangat penting untuk disimak dan diperhatikan, karena calon akan menjabarkan gagasan yang akan dilakukan ketika menjadi pemimpin. Selain itu calon juga akan menjabarkan pandangannya terhadap isu-isu yang sedang terjadi di masyarakat.

Baca Juga :   Nama Liputan6.com Dicatut untuk Sebar Hoaks Hasil Pemilu Luar Negeri

Berikut tadi beberapa tips memilih calon presiden yang harus Bolo Warmo perhatikan ketika ingin memilih calon presiden yang tepat. (jun)