Keistimewaan Berpuasa di Bulan Rajab, Yuk Simak!

49

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian besar umat Muslim saat ini tengah menjalankan puasa Rajab. Puasa sunnah satu ini memiliki banyak keistimewaan.

Dilansir dari baznas.go.id, bulan Rajab adalah salah satu bulan suci dalam kalender Islam, yang menjadi awal dari rangkaian bulan-bulan yang mengarah kepada bulan Ramadan.  Puasa sunnah ini tidak hanya mendatangkan pahala besar, tetapi juga memiliki banyak keistimewaan.

Apa saja? Simak, yuk!

1. Salah Satu Bulan yang Mulia

Keistimewaan bulan Rajab telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Keistimewaan bulan Rajab dalam ayat Al-Qur’an terdapat pada fiman Allah SWT dalam surat QS. At Taubah: 36 yang artinya:

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.”

2. Terjadinya Peristiwa Isra’ Mi’raj

Rajab merupakan bulan di mana Isra Miraj berlangsung, yang sekaligus menjadi keistimewaan bulan Rajab selanjutnya.

Nah, Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW, dari Makkah ke Yerusalem dan kemudian melalui 7 Surga untuk bertemu Allah SWT dan mendapat perintah menjalankan salat 5 waktu. Kisah tersebut terjadi pada suatu malam pada tanggal 27 Rajab.

3. Doa-doa Mudah Dikabulkan Allah

Keistimewaan berikutnya adalah bahwa malam satu Rajab adalah salah satu malam yang mustajab bagi doa sebagaimana hal itu ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm, yang artinya:

“Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya’ban.” (jun)