Kabupaten Probolinggo Siap Gelar Sub PIN Polio Putaran 2

7

Kraksaan (WartaBromo.com) – Kabupaten Probolinggo telah menerima persediaan vaksin polio untuk Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran 2 yang akan berlangsung dari 19 hingga 25 Pebruari 2024.

Sebanyak 3.095 vial vaksin polio telah diterima untuk memastikan kelancaran program imunisasi ini.

Dinkes Kabupaten Probolinggo, melalui Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK), telah melakukan alokasi sasaran dan distribusi vaksin ke 33 puskesmas di wilayah tersebut.

Tutug Edi Utomo, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo, menyatakan bahwa vaksin yang diproduksi oleh PT Biofarma telah diambil pada Jumat (16/2/2024) di Dinkes Provinsi Jawa Timur.

“Saat ini, semua vaksin telah didistribusikan ke 33 puskesmas sesuai alokasi yang telah ditentukan oleh Survim Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo,” ujarnya, Minggu (18/2/2024).

Baca Juga :   Polres Probolinggo Panggil Pelapor Pencatutan Data Kartu Tani untuk Kredit

Sri Rusminah, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, menegaskan bahwa seluruh puskesmas telah menerima distribusi vaksin sesuai alokasi yang telah diterima.

Ia juga mengimbau agar suhu vaksin tetap stabil dengan menggunakan vaccine carrier yang dilengkapi dengan icepack. Puskesmas diharapkan menjaga suhu vaksin di bawah 2 derajat Celsius.

“Kami memastikan bahwa semua proses distribusi dan penyimpanan vaksin telah dilakukan dengan ketat untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan Sub PIN Polio putaran 2 ini,” tambahnya.

Dengan demikian, diharapkan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio putaran 2 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun. (saw)