Tips dan Trik Efektif, 4 Cara Mengajari Anak Berpuasa dengan Menyenangkan!

62

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi keluarga muslim, bulan Ramadan bukan hanya soal menahan lapar dan haus, tetapi juga kesempatan untuk membentuk kebiasaan puasa pada anak-anak. Meski terasa sulit namun ada cara mengajari anak berpuasa dengan menyenangkan.

Nah, gimana caranya mengajari anak berpuasa menjadi momen menyenangkan dan berkesan? Yuk, coba tips dan trik yang dilansir dari berbagai sumber berikut!

1. Ajari Anak Berpuasa Sejak Dini

Mengajari anak berpuasa sejak dini merupakan proses yang memerlukan perhatian dan pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan kemampuan anak. Bisa dengan memberikan penjelasan kepada anak tentang makna dan tujuan puasa dalam agama Islam.

Juga dengan mengajarkan anak untuk bersiap secara mental dan fisik menghadapi puasa. Berikan mereka pemahaman tentang pentingnya kesehatan dan nutrisi yang cukup sebelum dan setelah berpuasa.

Baca Juga :   Anak Suka Makan Junk Food? Begini Tips Menguranginya

2. Buatlah Suasana yang Ceria Saat Sahur dan Berbuka

Libatkan anak-anak dalam pemilihan menu makanan sehingga mereka merasa memiliki peran penting dalam proses ini. Diskusikan bersama mengenai makanan yang baik untuk energi dan kesehatan mereka.

Bisa juga membuat suasana yang menyenangkan dengan mengajak anak belajar sambil bermain. Usahakan bermain yang tidak menguras terlalu banyak tenaga.

3. Ajak Anak Berpartisipasi dalam Kegiatan Keagamaan

Cara mengajari anak berpuasa selanjutnya adalah dengan mengajak anak membaca kisah-kisah Islami, dan ajarkan mereka nilai-nilai kebaikan dan kepedulian. Jangan lupa untuk berdoa bersama agar mereka semakin memahami makna sebenarnya dari bulan Ramadan.

4. Berikan Pujian pada Anak

Selama menjalani puasa, berikan apresiasi dan pujian saat anak-anak berhasil menyelesaikannya. Ini akan membuat mereka merasa bangga dan termotivasi untuk terus melibatkan diri dalam praktik keagamaan.

Baca Juga :   Waspada Covid-19, Ibu Hamil Harus Apa?

Selama bulan Ramadan, manfaatkan waktu bersama untuk aktivitas keluarga yang mendekatkan. Selain beribadah, mainkan permainan bersama, atau ajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan amal. Semua ini dapat membentuk ikatan keluarga yang erat dan menyenangkan. (mga/jun)