Polisi Patroli SPBU di Pasuruan, Awasi Potensi Kecurangan

195
Polisi Patroli SPBU di Pasuruan, Awasi Potensi Kecurangan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Polres Pasuruan Kota mengadakan patroli di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi potensi kecurangan dan memastikan ketersediaan bahan bakar menjelang perayaan lebaran tahun ini.

Patroli ini dilaksanakan bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Meteorologi Kota Pasuruan. Beberapa SPBU yang disambangi antara lain SPBU Pertamina 54.671.32 di Jalan KH Hasyim Ashari, SPBU Pertamina 54.671.01 di Jalan Ir Juanda, dan SPBU Pertamina 54.671.18 di Jalan A Yani.

Dalam patroli tersebut, petugas memastikan tidak ada campuran air atau zat lain yang dapat merugikan konsumen. Kemudian melakukan verifikasi bahwa bahan bakar yang dijual sesuai dengan standar tanpa adanya manipulasi. Selain itu, fasilitas SPBU juga diperiksa untuk memastikan kinerjanya baik dan aman bagi pengguna jalan.

AKBP Makung Ismoyo Jati, Kapolres Pasuruan Kota menjelaskan, patroli ini merupakan langkah preventif untuk mengatasi praktik kecurangan yang mungkin terjadi di SPBU menjelang masa mudik Lebaran.

“Kami melakukan tindakan ini untuk memastikan bahwa masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran dapat melakukannya dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir akan ketersediaan dan kualitas bahan bakar di SPBU,” ujar Makung pada Jumat (29/3/2024).

Makung juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan bahan bakar secara bijak dan menghindari penimbunan demi kepentingan pribadi.

Hingga saat ini, polisi belum dapat memberikan hasil temuan secara langsung karena masih dalam proses pengujian untuk menjamin keakuratan hasilnya.

“Kami masih menunggu hasil lengkap dari Dinas Metrologi karena masih ada tahapan-tahapan pengujian yang harus dilakukan,” kata Kasat Reskrim AKP Rudy Hidajanto.

“Kami akan menyampaikan temuan dari patroli ini kepada masyarakat melalui media setelah mendapatkan hasil dari Dinas Metrologi,” tandasnya. (don/may)