17 Desa di Probolinggo Ikuti Ramadhan Heppiii mulai dari Renovasi Musala dan PJU hingga Bantu Dhuafa

25
Salahsatu kegiatan karta Heppiii Community di Probolinggo dengan melakukan pemasangan fasilitas umum seperti lampu penerangan jalan umum (PJU), kemudian gapura desa, termasuk pos ronda

Probolinggo (WartaBromo.com) – Sejumlah desa di Probolinggo akan lebih terang setelah Karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community bakal membangun lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam rangka mengikuti kegiatan Ramadhan Heppiii. Hingga saat ini ada 10 karta yang sudah mempetakan lokasi mana saja yang akan dibangun PJU ini.

Koordinator Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto didampingi panitia acara Dwi Haryantoro mengatakan 10 desa yang mengusulkan pembangunan PJU dalam kegiatan Ramadhan Heppiii ini adalah Karta Laweyan, Sukapura, Boto, Ngepung, Kademangan, Kedungsari, Pilang, Kedunggaleng, Sapikerep, dan Pohsangit Leres Probolinggo.

Untuk berapa jumlah PJU per titik, saat ini masih dikoordinasikan oleh karta setempat. Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, satu karta minimal belasan hingga puluhan titik PJU.

Baca Juga :   Jaga Kebersamaan, Komunitas di Probolinggo Kolaborasi Bagikan Daging Kurban ke Suku Tengger

“Kegiatan lain selama Ramadhan Heppiii ada juga karta yang akan renovasi musala, kemudian seperti tahun sebelumnya ada juga yang memberikan sembako untuk dhuafa khususnya janda-janda tua. Beberapa karta lainnya juga mengajak warga sekitar untuk ziarah wali,” terangnya pada Senin (1/4).

Kegiatan karta di bulan Ramadhan ini diarahkan untuk kegiatan yang positif untuk warga sekitar. Hal ini sesuai dengan tema Ramadhan Heppiii yakni Bersama Melakukan Kebaikan.

Untuk Probolinggo total ada 17 karta Heppiii Community yang mengikuti kegiatan Ramadhan Heppiii. Karta ini adalah Brumbungan Lor, Ngepung, Sepuh Gembol, Boto, Kali Buntu, Sukapura, Sumber Kerang, Laweyan, Pohsangit Kidul, Pohsangit Leres, Kademangan, Pilang, Sapi Kerep, Kedunggaleng, Binor, Jrebeng Wetan, dan karta di Kedungsari, Probolinggo.

Baca Juga :   Kembangkan Potensi Desa, Kartar Heppiii Community Sinau Bareng Youtuber

Ramadhan Heppiii ini digelar setiap tahun secara serentak di puluhan kota dengan fokus utama pembangunan desa. Pada 2023 lalu juga digelar kegiatan serupa dengan berbagai aktivitas sosial, seperti pemasangan lampu penerang jalan umum di ratusan titik di puluhan kota, kemudian perbaikan fasilitas publik seperti gapura, pos ronda, festival UMKM, bazar, santunan anak yatim dan dhuafa, dan kegiatan positif lainnya.

Selain Ramadhan Heppiii yang fokus dalam pembangunan desa, dalam waktu bersamaan juga digelar kegiatan Heppiii Ngabuburit yang lokasinya dipusatkan di area perkotaan. Kegiatan Heppiii Ngabuburit ini melibatkan komunitas anak-anak muda urban 76 Heppiii Community seperti extreme sport, BMX, skate board, mural, musik hiphop, dan lain-lain.

Baca Juga :   Kembangkan Potensi Desa, Kartar Heppiii Community Sinau Bareng Youtuber

Ada juga kegiatan lain yakni Safari Ramadhan yang diikuti oleh karta serta komunitas anak muda dan warga sekitar. (yog)