Diguyur Hujan Deras, Jalur Piket Nol Lumajang – Malang Lumpuh Tertimbun Longsor

233

Candipuro (WartaBromo.com) – Usai diguyur hujan deras selama beberapa jam, jalur Lumajang – Malang terputus. Akibat longsor yang terjadi di beberapa titik, termasuk di Piket Nol.

Kondisi tersebut, dilaporkan oleh anggota Koramil Candipuro dan Polsek Candipuro yang berada di lokasi kejadian. Longsor terdeteksi petugas sekitar pukul 19.15 WIB.

“Terjadi longsor di Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Di atas juga ada longsor, kurang lebih terdeteksi dua titik,” ujar anggota Polsek Candipuro, Brigpol Arief, Kamis (18/04/2024) malam.

Untuk itu, Brigpol Arief mengimbau masyarakat yang hendak menuju Malang, agar putar balik. Baik yang dari arah Jember maupun dari Lumajang sendiri.

Baca Juga :   Saldo Rekening Bank Jatim Raib hingga Mural “Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit” Dihapus | Koran Online 13 Ags

“Kami sarankan untuk lewat jalur Probolinggo, atau berhenti dan istirahat, sambil menunggu proses evakuasi jalur,” sebut Arief.

Sejauh ini, kondisi material longsor masih menutup jalur selatan tersebut. Imbas hujan deras yang mengguyur kawasan Lumajang, selama beberapa jam sebelumnya.

Selain itu, aliran lahar dingin semeru juga disebut meluap. Dari video amatir yang diterima Wartabromo, jembatan Gondoruso sudah terputus sebagian. Imbas diterjang aliran air yang begitu deras.

Getaran banjir yang terekam di seismograf Pos Pantau Gunung Sawur, disebut mencapai amak 40.

Informasi lebih lanjut terkait kondisi saat ini di jalur selatan dan aliran lahar dingin Semeru, masih belum diketahui. (lai/saw)