Ratusan Warga Desa Wangkal Kekurangan Air Di Musim Hujan

96

Gading (WartaBromo.com) – Ratusan warga dua dusun Desa Wangkal, Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo menghadapi kekurangan air saat musim hujan

Wilayah tersebut mencakup Dusun Krajan yang dihuni 188 kepala keluarga dan Dusun Cangkelek yang dihuni 57 kepala keluarga. Mereka terdampak mulai terdampak pada Senin (22/4/2024).

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meninjau lokasi tersebut setelah pemerintah desa meminta bantuan melalui pemerintah kecamatan. Dari pemeriksaan terungkap ada masalah dengan jaringan pipa air yang mereka gunakan.

“Krisis air disebabkan oleh masalah jaringan pipa air menuju pemukiman,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo R. Oemar Sjarif, Kamis (25 /4/2024).

Untuk memenuhi kebutuhan warga, BPBD Kabupaten Probolinggo pun menggelontorkan 12 ribu liter air untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wadah air, jeriken, dan ember yang dibawa warga kemudian diisi air.

Baca Juga :   PKB Memimpin Perolehan Suara, Partai Golkar Raih Kursi Terbanyak DPRD Kabupaten Probolinggo

“Kami memiliki dua tangki air tawar, masing-masing berkapasitas enam ribu liter. Air ini aman digunakan untuk tiga hari ke depan,” katanya dan meminta warga bijak menggunakan air bersih.

Oemar menjelaskan, kedua pemukiman ini masih dalam pengawasan. Memastikan kebutuhan air terpenuhi. Baik untuk dikonsumsi, memasak dan keperluan lainnya.

Jika krisis air minum masih berlanjut, BPBD akan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan. Mengambil langkah taktis agar krisis air bersih tak berkepanjangan.

“Krisis air minum juga mungkin terjadi di wilayah lain, namun bukan disebabkan oleh bencana seperti musim kemarau. Tapi ada kendala pada pipa air bersih,” tandasnya. (aly/saw)