Cegah Banjir Berulang, Pemkab Lumajang Normalisasi Kali Asem

59
Cegah Banjir Berulang, Pemkab Lumajang Normalisasi Kali Asem

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang bakal melakukan normalisasi sungai Kali Asem. Hal ini supaya air tidak meluber dan menyebabkan banjir.

“Normalisasi sedang kami lakukan, kami juga akan membuka jalan bagi alat berat. Hari ini, alat berat sudah siap, tapi masih menuju ke hulu terlebih dahulu. InsyaAllah, kami akan segera mengerahkan alat berat ini ke sini (Jembatan Jagalan, red),” ujar Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) dilansir dari portal resmi Pemkab Lumajang.

Rencananya, target penyelesaian normalisasi sungai yaitu empat bulan. Mulai dari aliran yang melintas di wilayah perkotaan, hingga arah DAM Boreng.

Selain itu, langkah pencegahan banjir berikutnya adalah dengan membuat bronjong darurat dari karung pasir dan sesek bambu. Upaya ini sudah dilakukan sebab tanggul di Kali Asem jebol.

Baca Juga :   Pakai Seragam Banser, Erick Thohir Kunjungi Korban Erupsi Semeru hingga Balita “Disunat” Jin | Koran Online 13 Des

“Kami juga telah melakukan perbaikan tanggul bantaran sungai yang rusak. Saat ini, tanggul tersebut diperkuat dengan sak pasir sementara, dan nantinya akan dipasang sesek untuk memperkuatnya dan mencegah terulangnya banjir,” tandasnya. (may/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.