Rumah di Kraksaan Terbakar Saat Pemilik Layani Pembeli Bensin

1908

Kraksaan (WartaBromo.com) – Rumah Saiful Arifin (49), warga Kelurahan Kandangjati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ludes terbakar, Selasa (7/5/2024) siang. Selain kerugian harta benda, pemilik rumah juga harus dirawat di rumah sakit.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB itu, diduga disebabkan api dari kompor. Sebelum itu, Rohma, istri Saiful, sedang memasak di dapur.

Ia kemudian keluar rumah untuk melayani pembeli bensin di depan rumahnya. Diduga tanpa mematikan kompor terlebih dahulu, yang ternyata ditinggalkan hingga hampir 1 jam.

“Ada dugaan, api itu berasal dari kompor yang menyala. Istri korban saat itu sedang memasak, dan lupa mematikan kompor,” kata Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto.

Baca Juga :   Curi Murai Batu, Warga Kalibuntu Ditangkap Polisi

Warga yang mengetahui adanya api di dapur Saiful, berusaha memadamkan api. Mereka mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Warga juga dibantu 2 unit Damkar Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Proses pemadaman terbantu dengan aliran sungai yang berada di dekat rumah korban. “Api cepat dipadamkan dengan dibantu warga yang menyiramkan air ke rumah yang terbakar,” ucap Kasatpol Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto.

Meski berhasil dipadamkan, nyatanya si jago merah tetap melahap rumah hingga tersisa tembok. Bahkan mobil milik Saiful juga ikut terbakar habis. Kerugian ditaksir mencapai Rp150 juta, karena juga terdapat mobil.

Saiful Arifin sendiri mengalami luka bakar ringan dan dirawat ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan untuk mendapatkan perawatan medis. “Sementara kerugian materil saja, untuk korban jiwa nihil,” ungkap Sujianto.

Baca Juga :   Korsleting, Rumah Warga Mandaranrejo Ludes Terbakar

Untuk memasok penyebab kebakaran, tim Inafis Polres Probolinggo melakukan olah kejadian perkara (TKP). “Kami lakukan olah TKP dan pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Sujianto. (aly/saw)