Bordir Kota Probolinggo Dilirik Pengusaha Tiongkok

87

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pagelaran Expo Pameran Dekranas 2024 di Lapangan Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, menjadi ajang penting bagi Kota Probolinggo untuk mempromosikan produk unggulannya. Selain berhasil meraup omset tinggi, bordir khas Probolinggo juga menarik minat pengusaha asal Tiongkok.

“Pameran ini adalah momen untuk menembus pangsa pasar nasional dan internasional. Produk yang kami bawa berkualitas tinggi dan memiliki daya saing. Ini terbukti dengan minat pengusaha Tiongkok untuk menjalin kerja sama dengan Kota Probolinggo,” ujar Penjabat Ketua Dekranasda Kota Probolinggo, Dewi Maharani Nurkholis, Senin (20/5/2025).

Pengusaha pelopor industri dekorasi rumah dan bordir asal Tiongkok yang dimaksud adalah Yan Zizhong. Ia mengaku terkesan dengan kualitas bordir dari Kota Probolinggo. Dia memuji kehalusan dan keindahan karya seni produk dekorasi rumah dan bordir yang dipamerkan.

Baca Juga :   Ayah Ini Belasan Kali Cabuli Anak hingga Anggota Dewan Probolinggo Meninggal saat Kunker | Koran Online 22 Ags

“Produknya memiliki karakteristik yang unik dan kualitas yang tinggi. Saya sangat ingin mempelajari lebih dalam tentang teknik dan desain yang digunakan oleh para pengrajin Probolinggo,” ujarnya saat mengunjungi stand Dekranasda Jatim.

Yan Zizhong bahkan mengungkapkan keinginannya untuk berkunjung ke Kota Probolinggo dan bertemu dengan komunitas pengrajin setempat. “Semoga nantinya dapat membuka peluang kerja sama yang lebih luas antara pengrajin lokal dengan pasar internasional,” tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Probolinggo, Fitriawati, menyambut baik ketertarikan Yan Zizhong. “Ini adalah peluang emas untuk memperkenalkan budaya dan kerajinan kami ke dunia internasional. Ajang ini tidak hanya menjadi pameran produk, tetapi juga sebagai sarana pertukaran pengetahuan dan budaya,” ujarnya.

Baca Juga :   Pria asal Wonoasih Tewas Tersengat Tegangan Tinggi

Kota Probolinggo menampilkan produk bordir dan dekorasi rumah dari UKM Riza Bordir serta baju bordir dari Kurnia Bordir. Stan yang bergabung dengan Dekranasda Jatim itu, berhasil meraup omset sekitar Rp 54 juta.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin menghadiri puncak acara Peringatan HUT ke-44 Dekranas di Solo, Jawa Tengah, yang dirangkai dengan Expo Dekranas 2024 di Lapangan Mangkunegaran, mulai Rabu hingga Sabtu (15-18/5).

Keduanya berkesempatan mengunjungi stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur. Dalam kunjungannya, Iriana Jokowi tampak antusias melihat berbagai produk kerajinan yang dipamerkan. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.