Jangan Sampai Ketipu, Ini Ciri Madu Asli Tanpa Campuran

131

Pasuruan (WartaBromo.com) – Madu asli telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, di pasaran, tidak semua madu yang dijual adalah madu murni.

Banyak produk yang telah dicampur dengan bahan lain, seperti gula atau air, yang tentunya dapat mengurangi khasiatnya. Lantas seperti apa ciri madu asli?

Berikut dilansir dari kompas.com:

1. Kental dan Tidak Mudah Menetes

Madu asli yang tidak dicampur memiliki kekentalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan madu yang telah dicampur atau dicairkan dengan bahan lain. Sifat kental ini disebabkan oleh kandungan gula alami yang tinggi, terutama fruktosa dan glukosa, serta rendahnya kandungan air. Beli di sini.

Madu asli biasanya memiliki kandungan air sekitar 17-18%, sementara madu yang dicampur bisa memiliki kandungan air yang lebih tinggi, membuatnya lebih encer dan mudah menetes.

Saat diuji dengan cara memiringkan sendok yang telah dicelupkan ke dalam madu, madu asli akan menetes dengan sangat lambat atau bahkan tidak menetes sama sekali.

2. Bisa Terbakar

Madu asli memiliki sifat yang unik yaitu bisa terbakar. Ini karena madu mengandung gula alami yang mudah bereaksi terhadap panas tinggi. Untuk menguji keaslian madu, Bolo bisa menggunakan korek api atau lilin. Celupkan sumbu korek api atau lilin ke dalam madu, lalu coba nyalakan.

Jika madu tersebut asli, sumbu akan terbakar dengan mudah dan terus menyala, sedangkan jika madu tersebut telah dicampur dengan air atau bahan lainnya, sumbu tidak akan mudah menyala karena kandungan airnya yang tinggi menghambat proses pembakaran.

3. Tekstur Lebih Tebal

Madu asli memiliki tekstur yang lebih tebal dan kaya dibandingkan madu yang telah dicampur. Tekstur ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi gula alami dan rendahnya kadar air dalam madu asli. Ketika disentuh, madu asli akan terasa padat dan lembut di jari, dan ketika dituang, akan membentuk aliran yang berat dan lambat.

Tekstur tebal ini membuat madu asli lebih cocok digunakan sebagai bahan pengawet alami dan penambah rasa dalam berbagai resep kuliner. Bisa juga beli di sini. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.