KPU Targetkan Coklit Pilwali Tuntas Bulan Ini

79

Pasuruan (WartaBromo.com) – Proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih terus dilakukan KPU Kota Pasuruan. Coklit dijadwalkan selesai bulan Juli.

Komisioner KPU Kota Pasuruan, Mukhammad Zahid mengungkapkan, progres coklit daftar pemilih di Kota Pasuruan per pekan kemarin telah mencapai 82 persen.

KPU telah menerima data pemilih hasil singkronisasi Kemendagri dengan data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 yakni berjumlah 153.898 pemilih.

Data tersebut harus diverifikasi kembali di tingkat daerah. Ini diperlukan untuk memastikan nama-nama dalam data pemilih tersebut benar-benar valid.

“Hingga saat ini pantarlih masih melakukan coklit. Dijadwalkan bulan ini selesai,” kata Zahid, Senin (08/07/2024).

Menurut Zahid, selama proses coklit terdapat ratusan pemilih baru. Mereka adalah pensiunan TNI dan Polri, pemilih pemula, pemilih yang mengajukan pindah pilih, hingga pemilih yang tercatat salah penempatan TPS.

Ia juga mengimbau bagi warga yang sudah berkependudukan Kota Pasuruan, namun belum tercatat dalam daftar pemilih, bisa menghubungi PPS setempat.

“Proses verifikasi data pemilih ini masih panjang. Setelah coklit, akan disusun daftar pemilih hasil perbaikan sebelum kemudian ditetapkan daftar pemilih sementara,” imbuh Zahid. (tof/asd) 

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.