Polres Pasuruan Siap Amankan Naskah Ujian Nasional

581


Pasuruan (wartabromo) – Jajaran Polres Pasuruan menyatakan siap untuk melakukan pengawalan naskah ujian nasional di Kabupaten Pasuruan, mulai Kamis (12/4/2012) hari ini hingga proses pelaksanaan ujian nasional berlangsung.

Kabag ops Polres Pasuruan, Kompol Jajak Herawan menjelaskan saat ini anggotanya sedang melakukan pengambilan naskah ujian nasional dari percetakan PT Temprina di Jalan Karah Agung Surabaya didampingi oleh panitia pelaksana UNAS Kabupaten Pasuruan.

“Saat ini sebanyak 3 personil anggota polres yang terdiri dari 1 orang anggota berpangkat perwira dan 2 orang anggota bintara sedang mengawal pengambilan soal,” ujar Kompol Jajak Herawan, Kamis (12/4/2012).

Selain melakukan pengawalan secara ketat, proses pengambilan tersebut juga dilakukan dengan mobil box bersegel. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi segala kemungkinan kerawanan yang terjadi selama proses perjalanan seperti kebocoran dan kerusakan soal.

“Kita melakukan pengawalan baik secara secara fisik dan non fisik untuk menghindari penyelewengan,” tambah Jajak.

Mobil box yang berisi soal tersebut dipastikan akan sampai di Kantor Mapolres Pasuruan sekitar pukul 16.00 Wib hari ini. Selanjutnya, pembukaan segel dan penghitungan akan dilakukan oleh pihak panitia pelaksana, pengawas eksternal serta Polisi.

“Untuk sementara, soal ujian tersebut akan kita simpan di gudang khusus selama 1×24 jam,” lanjut jajak.

Naskah soal ujian kemudian akan diambil oleh para kepala sekolah didampingi petugas polsek setempat pada jum’at (13/4/2012) esok, dan disimpan di gudang khusus polsek selama 1x 24 jam. Sementara, proses pendistribusiannya sendiri akan dilakukan ke masing-masing sekolah pada hari H pelaksanaan, Senin mendatang. ( (yog/yog)