Perisai Muncul, Annur Bubar ?

259

[redirect http://pilkada.wartabromo.com/2012/07/03/perisai-muncul-annur-bubar/3]

Foto : Dokumen/wartabromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Munculnya Koalisi Perjuangan Islam Nasionalis (Perisai) jilid II yang terdiri atas 10 partai non parlemen agaknya merupakan bentuk kekecewaan sejumlah partai yang tergabung dalam koalisi Annur (Aliansi Nurani Rakyat, red) yang telah muncul sebelumnya.

Sekretaris Perisai Jilid II, Sutrisno yang juga Ketua Partai Karya Peduli Bangsa dan pernah menyatakan diri bergabung dalam koalisi tersebut mengaku, jika lahirnya Perisai dikarenakan hingga saat ini Annur tak pernah memberikan kejelasan terkait arah dan tujuan koalisi tersebut.

“Tidak ada kejelasan mas,” tegasnya saat ditemui wartabromo.

Menurutnya, ada 7 partai non parlemen terpaksa hang-out dan membentuk koalisi lama karena secara politis dan sejarah perjuangan, mereka pernah sukses mengusung calon Wakil Bupati pada pilkada 2008 silam yakni Edi Paripurna.

“Kita ingin mengulang sejarah, meski ada 3 partai yang belum bergabung,” tambahnya.

Akibatnya, secara otomatis koalisi yang dibentuk pada nopember 2011 silam tersebut kini pecah dan nyaris bubar setelah ditinggal oleh 7 partai yang mendukungnya.

Ketua Koalisi Annur, M Ridwan mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan penjelasan resmi terkait keluarnya 7 partai tersebut. Menurutnya, selama ini Annur telah memberikan kebebasan terhadap partai-partai untuk melakukan pendekatan terhadap siapapun termasuk bakal calon Bupati yang akan maju dalam pilkada nanti.

“Annur telah memberikan kebebasan untuk melakukan pendekatan namun harus didasarkan atas kesepakatan bersama,” ujarnya dengan nada kecewa.

Paska ditinggalnya Annur oleh 7 partai tersebut, saat ini gerbong koalisi yang sebelumnya terdiri atas 15 partai non parlemen dan 1 partai parlemen yakni Partai Hanura tersebut kini semakin ‘melompong’ dan kebingungan arah.

“Kita sudah membahas hal ini, termasuk meminta penjelasan partai yang sudah masuk Perisai,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun wartabromo, 7 partai yang menyatakan keluar dan masuk perisai tersebut antara lain Partai Republika Nusantara, Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia, Partai Persatuan Nadhatul Ummah Indonesia dan Partai Sarikat Indonesia. (yog/yog)