Pabrik Furniture Randupitu-Gempol Terbakar

397
Ludes - Api berkobar melalap habis gudang milik PT Mitra Bina Mandiri di Desa Randupituh Kecamatan Gempol Pasuruan, Minggu (30/9/2012). Foto : Paul Z / wartabromo

Gempol (wartabromo) – Diduga akibat terjadi konsleting saat melakukan perbaikan blower, sebuah pabrik furniture di Desa Randupitu Kecamatan Gempol, Pasuruan terbakar, Minggu (30/9/2012).Api melalap habis sedikitnya lima gudang milik pabrik PT Mitra Bina Mandiri tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut salah seorang karyawan pabrik, Sunarko (35) kebakaran terjadi sekitar pukul 14.30 wib saat sejumlah karyawan bagian mekanik melakukan perbaikan blower. Diduga akibat terjadi kesalahan teknis tiba-tiba timbul percikan dari alat on-off blower yang sedang diperbaiki.

Kontan, api pun tiba-tiba berkobar dan membesar sehingga sempat membuat panik sejumlah karyawan pabrik yang sedang lembur saat itu.

“Ada karyawan bagian mekanik yang memperbaiki blower  karena tombol powernya mati. Namun ketika diperbaiki ada percikan api terus menyambar ke gudang ,” ujar Narko saat ditemui di lokasi kejadian.

Kobaran api yang cepat membesar menjalar ke bagian gudang lainnya sehingga dipastikan semua barang yang terbuat dari kayu ludes di lima gudang  yakni gedung finishing, asembling, tempat penyimpanan tiner dan solar, gedung produksi dan kantor ludes di lalap api.

Api berhasil dijinakkan setelah lima mobil pemadam kebakaran dibantu sejumlah mobil tanki  air mineral dikerahkan untuk memadamkan api. (yog/yog)