Besok, Ribuan Buruh 3 Perusahaan Mogok Kerja

281

Sukorejo (wartabromo) – Ribuan buruh yang tergabung dalam SPSI Kabupaten Pasuruan direncanakan akan menggelar aksi mogok kerja di tiga perusahaan di wilayah Sukorejo Pasuruan, Senin (21/1/2013) esok.

Sekretaris SPSI Kabupaten Pasuruan, Achmad Sholeh menjelaskan, ketiga perusahaan tersebut yakni PT  Karya Tugas Anda, PT Tirta Bahagia dan PT Niaga Trans Sentosa.

“Itu adalah aksi solidaritas dari perwakilan temen-temen SPSI se-Kabupaten Pasuruan,” ujar Sholeh saat berbincang dengan wartabromo, Minggu (20/1/2013).

Menurutnya, meski dilaksanakan secara serentak di tiga perusahaan namun masing-masing buruh memiliki tuntutan yang berbeda. Diantaranya, desakan agar perusahaan segera memberikan hak-hak normatif yang selama ini tidak diberikan oleh perusahaan seperti uang pesangon dan juga bonus omzet yang telah disepakati.

“Ada perusahaan yang tidak memberikan uang pesangon bagi karyawannya, tuntutan buruh yang tak kunjung dipenuhi serta permasalahan bonus omzet yang kian berkurang,” ungkap Sholeh.

Rencananya, aksi mogok kerja tersebut akan dilakukan sejak pukul 06.00 Wib. Mereka akan menggelar aksi mogok di depan pintu masuk ke tiga perusahaan dan didukung oleh sekitar 1000 perwakilan SPSI yang ada di Kabupaten Pasuruan. (yog/yog)