Ribuan Buruh ‘Digoyang’ Rena KDI di Taman Candra Wilwatikta

199

Pandaan (wartabromo) – Peringatan May Day atau Hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 mei 2013 diperingati dengan berbagai cara. Di Pasuruan, 11 elemen serikat buruh digoyang dangdut saat merayakan perayaan hari buruh di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Rabu (1/5/2013).

Ribuan buruh tersebut asyik bergoyang dangdut meski terik matahari menyengat saat artis dangdut cantik ‘Rena KDI’ tampil mendendangkan syair lagu dangdutnya dengan goyangan yang aduhai.

Aksi buruh ini dipilih sebagai salah satu cara lain untuk merayakan hari buruh tahun ini selain turun jalan dan berdemonstrasi menyuarakan hak-hak mereka.

Sebanyak 50 ribu buruh tumplek blek di Taman Budaya milik Pemprop Jatim tersebut untuk mengikuti berbagai kegiatan mayday seperti pembagian hadiah doorprize senilai total 167 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan serta orasi buruh yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan serikat buruh yang hadir.

“Kita tetap akan menyuarakan bahwa 1 mei adalah hari libur nasional,” ujar Suryono Pane, ketua panitia sekaligus pengurus Serikat buruh muslim Indonesia dalam sambutannya.

Menurutnya, pihaknya mengundang semua elemen masyarakat yang terlibat langsung dengan persoalan perburuhan seperti Muspida Kabupaten Pasuruan dan Apindo Kabupaten Pasuruan.Dengan cara tersebut, pihaknya berharap agar perusahaan memberikan kesempatan dengan meliburkan karyawannya untuk mengikuti kegiatan dalam rangka hari buruh tahun ini.

Selain berorasi, ribuan buruh tersebut juga dihibur oleh orkes melayu Kaisar dengan menampilkan sejumlah artis papan atas jawa timur seperti Rena KDI dan lain-lain. Mereka juga dipersilahkan untuk menunggu ratusan undian doorprize menarik seperti paket ibadah umrah dan sepeda motor.[yog/yog]